Home » Internet » Media Sosial » Gara-gara Gambar, Turki Blokir Twitter dan Youtube

Gara-gara Gambar, Turki Blokir Twitter dan Youtube

Polisi Turki
Foto: Reuters

Tersebarnya gambar pengepungan bersenjata oleh Polisi terkait penyanderaan seorang Jaksa Penuntut Umum bernama Mehmet Selim Kiraz oleh dua orang bersenjata dari kelompok sayap kiri di Gedung Pengadilan Istanbul membuat Pengadilan Turki memerintahkan lembaga terkait untuk memblokir situs Twitter dan Youtube.

Selain memblokir dua situs tersebut, pemerintah Turki seperti dilansir BBC juga memblokir 166 situs lain yang menerbitkan gambar itu, dan menuduh surat kabar yang menerbitkan gambar itu menyebarkan “propaganda teroris” untuk kelompok DHKP-C, sebuah Partai Revolusioner dan Front Pembebasan Rakyat. Seperti diketahui, kelompok DHKP-C ini dituduh sebagai dalang dibalik serangan terhadap Gedung Pengadilan Istanbul yang menewaskan seorang jaksa dan dua orang bersenjata itu dalam baku tembak saat polisi menyerbu gedung untuk melakukan proses penyelamatan pekan lalu. Pemerintah Turki pun sebelumnya sudah melakukan tindakan untuk menghentikan peredaran gambar di surat kabar yang diambil saat pengepungan itu.

Oleh Turki, Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa, DHKP-C memang dianggap oleh teroris. Saat disandera, Kiraz saat itu sedang menyelidiki kasus seorang anak laki-laki yang tewas saat protes anti-pemerintah pada tahun 2013 silam.

Youtube sendiri saat ini telah menerbitkan teks putusan pengadilan dan menetapkan ‘langkah administasi’ oleh otoritas telekomunikasi Turki. Selain Youtube, Facebook juga patuh terhadap pemblokiran tersebut. Namun pemblokiran terhadap Facebook telah dicabut karena gambar tersebut telah dihapus. Gambar yang tersebar memperlihatkan penyerang sedang mengarahkan pistolnya ke kepala Kiraz. (Foto: Reuters)

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>