Jangan hanya fokus pada tampilan saat pilih flashdisk terbaik. Kenali spesifikasinya dengan baik berikut ketahanannya.

 

Selain itu, Anda juga perlu menyelaraskannya dengan kebutuhan. Jangan sampai produk yang Anda beli tak terpakai hanya karena tidak sesuai dengan keperluan.

Untuk membantu memilih produk terbaik, kami akan membahas beberapa cara memilihnya dalam artikel ini. Selain itu, akan dibahas juga rekomendasi produknya sebagai referensi. Selamat menyimak.

Cara mudah memilih flashdisk terbaik

Cara mudah memilih flashdisk terbaik

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan supaya bisa menemukan flashdisk sesuai kebutuhan:

Pertimbangkan kapasitasnya, pastikan lebih besar dari jumlah data yang mau disimpan

Poin pertama yang harus dijadikan pertimbangan saat mau membeli flashdisk adalah kapasitasnya. Jumlah kapasitas flashdisk ini tergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Pasalnya, yang tahu jumlah data yang biasanya tersimpan di flashdisk adalah orangnya sendiri.

Misalnya, Anda sering menyimpan file dalam jumlah besar seperti video atau film, maka kapasitas besarlah yang akan Anda butuhkan.

Untuk itu, ketahui dulu kebutuhan kapasitas penyimpanan Anda. Kemudian, carilah flashdisk yang memiliki kapasitas di atasnya. Jangan sampai jumlah data tersimpan sama dengan kapasitas perangkat yang mau dibeli.

Bila demikian yang Anda lakukan, maka tidak ada sisa kapasitas yang bisa menyimpan data apabila diperlukan sewaktu-waktu.

Sebagai contoh, Anda biasa menyimpan data sebanyak 64 GB, maka pertimbangkan untuk membeli produk dengan kapasitas di atasnya, yakni 128 GB.

Cek versi dan kecepatan transfer datanya

Tidak banyak yang tahu kalau versi dan kecepatan masing-masing flashdisk bisa berbeda. Namun, kenyataannya demikian. Beda merek dan versi, kecepatan transfernya bisa berbeda.

Ada beberapa versi flashdisk yang harus Anda tahu, yakni USB 1.0, 2.0, 3.0, dan 3.1. Masing-masing USB punya kecepatan berbeda. USB 2.0 misalnya, mampu melakukan transfer dengan kecepatan 480 MB per detik. Sementara versi 3.0 bisa menransfer dengan kecepatan 4,8 GB per detik atau 10 kali lipatnya.

Kecepatan ini bisa berkurang apabila Anda menambahkan USB hub atau kabel penghubung saat melakukan transferring.

Pastikan bahwa port USB-nya kompatibel dengan versi lain

Selain memperhatikan kecepatan transfernya, Anda juga harus memperhatikan kompatibilitas port USB dengan versi lainnya.

Perlu diketahui bahwa versi 1.1 hingga 3.1 sebenarnya sudah kompatibel. Artinya, Anda tetap bisa mencolokkan USB versi rendah pada port USB versi tinggi. Keduanya tetap akan terhubung dan dapat berfungsi. Namun, fungsi dan performa keduanya akan mengikuti versi terendah.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan versi USB yang ada di komputer atau laptopnya. Caranya adalah dengan melihat bagian dalam port-nya.

Apabila warnanya hitam atau putih, maka kemungkinan versinya adalah 2.0. Namun, apabila warnanya adalah biru, maka USB-nya merupakan versi 3.0.

Perhatikan jenis konektornya

Kini, ada banyak sekali jenis konektor seiring semakin banyaknya jenis perangkat yang bisa terhubung dengan USB.

USB tipe A kini masih banyak digunakan. Meski begitu, semakin hari semakin banyak juga pengguna microUSB yang memungkinkan pengguna untuk mengoneksikan flashdisknya pada smartphone, baik android maupun iOS.

Selain dua jenis konektor di atas, kini juga ada tipe C. Seiring dengan semakin banyaknya jenis konektornya, Anda perlu memperhatikan dengan seksama saat membeli agar produknya dimanfaatkan dengan baik dan kompatibel.

Memilih flashdisk dengan fitur keamanan

Fitur keamanan menjadi salah satu kebutuhan penting, khususnya bila data yang tersimpan dalam flashdisk terbaik tersebut bersifat sangat rahasia. Jangan sampai datanya bocor ke orang yang salah akibat kecerobohan sesaat.

Pertimbangan Fitur keamanan

Untuk memastikan keamanannya, Anda dapat memilih produk yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan.

Saat ini, sudah ada beberapa jenis flash disk yang dibekali dengan fitur pengaman semacam ini. Meskipun memang, dari segi jumlah angkanya belum begitu banyak.

Harganya pun tergolong mahal dan produknya sulit dicari. Jadi, pangsa pasarnya memang masih belum luas.

Fitur keamanan yang disematkan pada produk-produk seperti ini biasanya berupa enkripsi data, kata sandi, antivirus, hingga autentikasi sidik jari.

Karena sulit dicari, Anda mungkin tidak bisa menemukannya dengan mudah. Apabila tidak bisa menemukannya meski sudah berusaha mencari, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menambahkan fitur pengaman sendiri.

Caranya adalah dengan menginstal software terpisah pada komputer atau perangkat yang sering digunakan untuk membuka datanya. Sesuaikanlah fitur keamanannya dengan tingkat kerahasiaan data, jenis file, dan komponen lainnya.

Sesuaikan fitur tambahan, ukuran, dan portabilitasnya

Berikutnya, saat membeli Anda juga harus memperhatikan fitur tambahan yang mungkin disematkan pada produk tersebut. Coba tanyakan pada penjual atau spesifikasi produknya sebelum membeli agar tahu fitur tambahannya sebagai poin ekstra yang bisa dipertimbangkan.

Selain fitur tambahan, Anda juga harus mempertimbangkan produk berdasarkan ukuran produknya. Kini, ada beragam flashdisk terbaik yang ditawarkan dengan ukuran yang berbeda. Ada yang biasa, ada pula yang mini.

Sesuaikan kebutuhan dan pemakaiannya dengan ukuran. Sebab ukuran ini nantinya akan berpengaruh terhadap portable tidaknya USB dibawa ke mana-mana sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda suka yang mini, maka sebaiknya pertimbangkan untuk tidak memilih produk yang super mini. Jangan sampai karena produknya yang terlalu kecil, Anda justru kesulitan mencarinya saat dibutuhkan.

Kecuali, Anda yakin tidak akan dibuat kesulitan dengan ukuran yang super mini tersebut. Misalnya dengan memasang tali penghubung yang akan membuatnya mudah ditemukan.

Hindari memilih casing yang terlalu besar

Anda tidak bisa menebak flashdisk tersebut akan terkoneksi dengan laptop model apa saja. Sebab, tidak mungkin hanya pada perangkat Anda sendiri. Bisa jadi, sewaktu-waktu Anda harus mengoneksikannya dengan perangkat milik kolega atau partner kerja Anda.

hindari casing besar

Nah, dalam kaitannya dengan hal ini. Saat membeli baiknya Anda tidak membeli produk yang casingnya terlalu tebal atau besar.

Hal ini karena seringnya, port USB pada laptop bersebelahan dengan port lain dalam jarak yang tidak terlalu panjang. Apabila Anda memilih produk yang casingnya besar, maka dikhawatirkan akan memakan tempat dan membuat port lain tidak bisa digunakan.

Selain soal ukuran casingnya yang tidak boleh terlalu tebal dan besar, Anda juga harus memperhatikan material yang dipakai untuk casing tersebut. Pilihlah yang materialnya bisa menempel dengan baik dan tidak mudah lepas.

Periksa ketahanan flashdisk

Meski kecil, penyimpan data ini sering dibawa ke mana-mana. Hal ini membuatnya harus memiliki daya tahan yang bagus. Mulai dari ketahanan terhadap debu, air, hingga guncangan.

Untuk itu, silakan periksa bagaimana ketahanan flashdisk yang Anda beli. Ketahui dengan benar bahwa produknya aman dari guncangan dan tahan terhadap air sehingga saat harus ditumpuk dengan perangkat lain atau ketika hujan, dia tetap bisa dimanfaatkan dengan sangat baik.

Rekomendasi merk flashdisk terbaik dan harga terbaru

Berikut ini beberapa merek yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Speed tinggi, bisa buat HP dan laptop: Sandisk Ultra Dual Drive USB 3.0

Sandisk Ultra Dual Drive USB 3.0

Sandisk ini punya dua jenis konektor, yakni micro USB dan tipe 3.0. Hal ini membuatnya mudah dikoneksikan dengan berbagai perangkat termasuk android dan komputer Mac.

Kecepatan transfernya juga super, yakni sekitar 150 MB per detik. Artinya, untuk melakukan pemindahan data, tak dibutuhkan waktu yang lama.

  • Versi USB: USB 3.0.
  • Kapasitas: 16, 32, 64, 128, 256 GB.
  • Bentuk terminal: micro dan USB A.
  • Fitur produk: tidak ada info.
  • Keamanan: tidak ada info.

Kapasitasnya mulai 16 GB sampai 256 GB dengan harga mulai 100 ribuan rupiah.

2. Flashdisk Kingston murah: Kingston DataTraveler 100 G3 USB Flash Drive

Kingston DataTraveler 100 G3 USB Flash Drive

Secara spesifikasi produknya memang termasuk dalam tipe 3.0, tapi kompatibel pada 2.0 juga. Pilihan kapasitasnya sampai 256 GB sehingga bisa menyimpan data dalam berbagai format. Desainnya stylish dengan sliding cap yang membuat tutup flashdisk tak akan hilang.

  • Versi USB: 3.1 Gen 1 (versi 3.0)
  • Kapasitas: 32, 64, 128, 256 GB.
  • Bentuk terminal: tidak ada info.
  • Fitur produk: sliding cap.
  • Keamanan: tidak ada keterangan

Flashdisk terbaik ini dapat Anda peroleh dengan harga mulai 70 ribuan di marketplace.

3. Merk flashdisk OTG terbaik yang ringan dan fleksibel: DM PD010 OTG Flashdrive

DM PD010 OTG Flash Drive

Desainnya minimalis namun kokoh dengan kekuatan bahan aluminium yang dimilikinya. Kesan pertama flashdisknya adalah elegan dengan balutan warna berkesan metalik. Menariknya, Anda bisa memutar 360 derajat bila memakai flashdisk ini.

  • Versi USB: tidak ada info.
  • Kapasitas: 16 GB
  • Bentuk terminal: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: tutup dan bisa berputar 360 derajat.
  • Keamanan: tidak ada info

Harganya sekitar 300 sampai 400 ribuan.

4. Ada tutup pintar buat mengamankan konektor micro USB: Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Toshiba Mini 360 Duo memiliki dua konektor sekaligus. Yakni 3.0 dan mikro 2.0. Artinya, Anda bisa menggunakannya pada PC dan smartphone.

Sudah ada password protection softaware pada produknya sehingga keamanannya terjamin. Bodinya juga aman karena adanya tutup pintar. Selain itu, ada gantungan yang membuatnya terhindar dari risiko hilang.

  • Versi USB: reguler 3.0, mikro 2.0.
  • Kapasitas: 8, 16, 32, hingga 64 GB.
  • Bentuk terminal: tipe A.
  • Fitur produk: built in hook dan tutupi pintar sebagai pelindung.
  • Keamanan: password protection software.

Harga produknya mulai dari 113 ribuan.

5. Kompatibel pada port USB 2.0 dan 3.0: Sandisk Extreme Go

Sandisk Extreme Go

Kecepatan menulisnya bisa sampai 150 MB per detik sehingga pengiriman foto dan video dengan resolusi tinggi bisa dilakukan dengan cepat. Flashdisk terbaik ini memiliki versi 3.1 dengan kecepatan 35 kali lebih cepat dari 2.0.

  • Versi USB: 3.1 gen 1.
  • Kapasitas: 64, 128 GB.
  • Bentuk terminal: tipe A.
  • Fitur produk: tidak ada info.
  • Keamanan: software pemulih data yang sudah terhapus.

Untuk versi 128 GB, harganya sekitar 500 ribuan.

6. Ukuran medium dan tahan banting: V-Gen USB Titans 3.0

V Gen USB Titans 3.0

Nama V-Gen sudah sangat terkenal di Indonesia. Produk kartu microSD -nya sudah menjadi incaran para pembeli. Lewat USB Titans 3.0 ini memiliki keistimewaan dalam hal ketahanan. Produknya anti panas, anti magnet, anti air, dan anti guncangan.

  • Versi USB: 3.0.
  • Kapasitas: 8, 16, 32, 64, 128 GB.
  • Bentuk terminal: tipe A.
  • Fitur produk: anti panas, dll.
  • Keamanan: tidak ada info.

Harganya sangat murah, mulai dari 50 ribuan.

7. Konektivitas mudah dengan perangkat masa kini: Western Digital Ultra SanDisk Flash Drive USB Type-C

Western Digital Ultra SanDisk Flash Drive USB Type C

Dengan desain kece yang ditawarkannya, produk ini menjadi salah satu yang dapat kami rekomendasikan. Menariknya lagi, SanDisk membekalkan type C pada produknya satu ini.

Di samping itu, kinerjanya sudah mengikuti versi 3.1 yang memiliki kecepatan luar biasa.

  • Versi USB: 3.1.
  • Kapasitas: 16, 32, 64, 128 GB.
  • Bentuk terminal: tipe C.
  • Fitur produk: adanya tutup pelindung.
  • Keamanan: Rescue pro deluxe software dan Sandisk secure access software.

Harganya mulai dari 100 ribuan rupiah.

8. COB packaging technology untuk perlindungan total: Orico U2-16GB Aluminium Mini OTG U-disk

Orico U2 16GB Aluminium Mini OTG U disk

Dengan COB packaging technology yang dimiliki oleh flashdisk terbaik ini, produknya jadi tahan terhadap guncangan, air, debu , magnet, hingga sinar-X.

Di samping itu, Orico ini juga punya dual interface, yakni tipe A dan microUSB yang membuatnya bisa terkoneksi dengan smartphone, tablet, PC, hingga audio system.

  • Versi USB: 2.0.
  • Kapasitas: 16 dan 32 GB.
  • Bentuk terminal: micro USB dan tipe A.
  • Fitur produk: bisa diputar 360 derajat, COB packaging technology, hanging hole.
  • Keamanan: tidak ada info.

Harganya mulai dari 180 ribuan di marketplace.

9. Cocok buat pengguna produk Apple: PQI iConnect Mini

PQI iConnect Mini

Para pengguna Apple wajib melirik PQI iconnect ini. Pasalnya, dengan flashdisk terbaik ini Anda bisa bertukar data langsung antar sesama perangkat Apple. Menariknya lagi, kinerjanya cepat dibuktikan dengan kemampuannya dalam transfer 1.000 foto hanya dalam waktu 4,5 menit saja.

  • Versi USB: 3.0.
  • Kapasitas: 16, 64, 128 GB.
  • Bentuk terminal: lightning.
  • Fitur produk: tutup pelindung.
  • Keamanan: face and fingerprint identification.

Harga flashdisk ini lumayan mahal, yakni 980 ribuan rupiah di marketplace.

10. Tahan air, guncangan, dan sinar-X: Samsung Flash Drive Fit

Samsung Flash Drive Fit

Fitur ketahanannya yang lengkap membuat Samsung Flash Drive Fit ini cocok buat Anda yang punya mobilitas tinggi. Kecepatan transfer file-nya sampai 150 MB per detik.

Desain minimalis dan elegan yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri.

  • Versi USB: 3.1.
  • Kapasitas: 32, 64, 128, 256 GB.
  • Bentuk terminal: tidak ada info.
  • Fitur produk: anti air, tahan guncangan, dan sinar-X.
  • Keamanan: tidak ada info.

Harganya mulai dari 170 ribuan untuk versi kapasitas terendah.

11. Desain kompak, ringkas, elegan dengan penyimpanan portabel: Transcend JetFlash 820

Transcend JetFlash 820

Desainnya sangat kompak dan minimalis. Hal ini membuatnya tidak menghabiskan tempat saat dicolokkan ke perangkat laptop. Bahan yang dipakai juga terbaik sehingga memiliki daya tahan yang bagus.

Warnanya menarik dengan kesan keemasan yang membuat tampilannya jadi makin mewah.

  • Versi USB: 3.1.
  • Kapasitas: 32, 64, 128 GB.
  • Bentuk terminal: tipe A.
  • Fitur produk: exclusive transcend elite data management software.
  • Keamanan: tidak ada info.

Untuk kapasitas 64 GB, harganya sekitar 300 ribuan di marketplace.

12. Simpan banyak data dalam waktu singkat: PNY Mini M1 Attache

PNY Mini M1 Attache

Bahan yang dipakai sangat premium sehingga membuatnya aman dari debu. Selain itu, tersedia pengait yang bisa dihubungkan dengan tali dan menghindarkannya dari risiko kehilangan.

Dengan produk ini, Anda bisa menyimpan data dengan kecepatan yang super singkat karena kinerjanya yang apik.

  • Versi USB: 2.0.
  • Kapasitas: 8, 16, 32 GB.
  • Bentuk terminal: tidak ada info.
  • Fitur produk: tidak ada info.
  • Keamanan: tidak ada info.

Harganya mulai dari 100 ribuan rupiah.

Begitulah cara memilih flashdisk terbaik dan beberapa rekomendasi produknya. Bagaimanapun, selalu ada produk baru yang muncul di pasaran. Mengenali detail spesifikasinya adalah cara yang paling bijak.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles