Penting untuk mendapatkan flashdisk OTG terbaik dengan spesifikasi dan fitur yang sesuai kebutuhan. Hanya dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.

 

Untuk mendapatkan produk terbaik, Anda perlu melakukan seleksi dengan cermat. Memahami spesifikasinya dengan detail adalah salah satu hal yang wajib dilakukan supaya produknya pas dengan kebutuhan.

Apalagi sekarang ada banyak sekali merek yang ada di pasaran. Masing-masing brand menawarkan produk yang diklaim bagus. Contohnya SanDisk, Addlink, Kingston, hingga PQI.

Artikel ini akan membahas lengkap mengenai poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih USB drive OTG. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa produk yang direkomendasikan. Sebelum membeli, silakan baca dulu ulasannya di bawah ini.

Cara memilih flashdisk OTG terbaik dan bagus

Flashdisk OTG memiliki fungsi yang sangat penting karena bisa membantu akses data ke HP dengan lebih cepat. Anda bisa langsung mengoneksikannya tanpa bantuan kabel sama sekali.

Cara memilih flashdisk OTG terbaik dan bagus

Nah, untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Perhatikan tipe port USB-nya

Gadget biasanya memiliki port micro USB dan slot kartu microSD terbaik. Untuk itu, Anda tidak bisa menggunakan flashdisk yang biasanya dihubungkan ke komputer atau laptop.

Tipe port USB

Nah, apabila Anda sering memindahkan data dari komputer ke HP atau sebaliknya, maka solusinya adalah langsung membeli produk yang port USB-nya sesuai. Biasanya jenis port yang bisa digunakan adalah USB tipe A dan USB micro B.

Apabila Anda pengguna Apple, misalnya iPhone. Maka, pilihlah flashdisk USB terbaik yang memiliki port lightning. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa flashdisk-nya kompatibel dengan gadget yang dimiliki. Hanya dengan begitu, penggunaan flashdisk-nya bisa dimaksimalkan dengan baik.

Pertimbangkan kecepatan transfer data dengan baik

Agar aman dan nyaman dalam pemakaian, sebaiknya Anda mempertimbangkan kecepatan transfer datanya. Sebab, salah satu poin penentu kinerja atau performa flashdisk ditentukan oleh kecepatannya.

Kami merekomendasikan Anda untuk memilih flashdisk OTG dengan USB 3.0 sebab pemindahan data bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan versi 2.0.

Apalagi, versi 3.0 juga bisa dipakai pada laptop, PC, atau sejenisnya yang menggunakan port 2.0. Jadi, bisa multifungsi. Meski memang saat digunakan pada port 2.0, kecepatannya mengikuti versi yang rendah, bukan 3.0 lagi.

Agar lebih jelas, berikut ini informasi tentang kecepatan transfer data pada beberapa jenis flashdisk:

  • USB 3.2 kecepatannya sekitar 20 Gbps.
  • USB 3.1 kecepatannya sekitar 10 Gbps.
  • USB 3.0 kecepatannya sekitar 5 Gbps.
  • USB 2.0 kecepatannya sekitar 480 Mbps.
  • USB 1.1 kecepatannya sekitar 12 Mbps.

Intinya, semakin tinggi versi USB-nya, kecepatan yang ditawarkan untuk transfer semakin besar. Jadi, kalau bisa pilih model terbaru dan budget-nya cukup. Silakan pilih yang terbaik.

Pilih yang kapasitasnya tinggi

Selain kecepatan, poin penting yang perlu dipertimbangkan berikutnya adalah kapasitas yang ditawarkan. Dalam memilih kapasitas yang tepat, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan.

Maksudnya, kenali dulu kebutuhan Anda dalam menyimpan data, apakah butuh kapasitas yang besar atau standar saja.

Sebagai contoh, jika Anda sering menggunakan flashdisk-nya untuk menyimpan dokumen kantor atau tugas kampus yang ukurannya standar, maka memilih flashdisk OTG terbaik dengan kapasitas standar tak akan jadi masalah.

Namun, apabila flashdisk-nya sering digunakan untuk menyimpan berkas-berkas berukuran besar seperti video, foto, atau yang lainnya, maka pilihan yang tepat adalah produk yang berkapasitas besar pula.

Sebagai informasi, jika Anda membeli flashdisk berkapasitas 64 GB, maka flashdisk-nya bisa menampung sekitar 20.000 foto dengan 10 juta pixel. Selain itu, bisa juga menyimpan video berdurasi 1 jam dengan kualitas 4K atau berdurasi 10 jam dengan kualitas full HD.

Yang menarik, kini kapasitas flashdisk yang ada di pasaran makin besar. Bahkan, sudah ada yang berkapasitas 256 GB.

Oleh karena itu, para konten kreator yang sering merekam video, memotret, lalu mengeditnya sangat memerlukan produk yang berkapasitas besar seperti ini.

Apabila Anda sudah menentukan kebutuhan kapasitasnya, akan sangat bagus jika Anda membeli kapasitas lebih besar dari kebutuhan tersebut supaya ada kelonggaran saat sewaktu-waktu membutuhkan penyimpanan data tambahan.

Desain juga penting

Setelah memilih produk berdasarkan kecepatan dan kapasitasnya, kini saatnya Anda melihat bagaimana tampilan luar dari produk. Tampilan ini erat kaitannya desain yang tidak hanya akan membuat produknya manis tetapi juga tidak menghabiskan ruang saat dikoneksikan ke HP.

Selain itu, desain juga berpengaruh terhadap kemudahannya dalam penyimpanan agar tidak mudah hilang.

Silakan pilih desain yang kompak sehingga mudah disimpan dan tidak menghabiskan tempat saat digunakan. Selain itu, apabila Anda suka dengan warna-warna cerah, kini juga sudah banyak pilihan flashdisk dengan warna-warna yang bagus dan menarik sehingga tidak monoton.

Pertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan

Masing-masing produk biasanya dibekali dengan fitur tambahan yang berbeda, namun ada juga yang tidak memilikinya.

Nah, produk terbaik biasanya dibekali dengan fitur tambahan sehingga bisa memberikan lebih banyak manfaat dibanding versi standar.

Di antara fitur yang biasanya disematkan adalah shockproof, dustproof, dan yang lainnya. Menariknya lagi, kadang produsen juga menyematkan fitur backup data untuk jaga-jaga saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bahkan, Anda juga bisa menemukan flashdisk dengan tambahan fitur berupa penginputan PIN untuk melindungi keamanan data di dalamnya. Namun, fitur tambahan ini memang cukup langka di Indonesia dan harganya cenderung lebih mahal dibanding versi standar.

Kompatibilitas yang beragam

Akan sangat menguntungkan jika Anda bisa memilih produk dengan kompatibilitas yang beragam. Misalnya kompatibel dengan tablet, HP, hingga PC secara menyeluruh. Dengan kompatibilitas yang beragam, Anda akan lebih mudah mengatur produknya dengan baik.

Kompatibel

Harga produk vs anggaran

Selanjutnya, pastikan Anda memperhatikan harga produknya. Dalam hal ini, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ketersediaan fitur dengan harganya. Jangan sampai memilih produk yang dibanderol dengan harga mahal padahal fungsi dan fiturnya standar.

Selanjutnya, pilihlah produk yang harganya masih dalam jangkauan anggaran. Jangan sampai memaksakan diri untuk membeli yang mahal padahal sebenarnya Anda belum mampu membelinya.

Kalaupun memang yang bisa dibeli masih kualitas standar, maka tak jadi masalah. Sambil mengumpulkan uang, Anda bisa membeli versi terbaru nanti saat benar-benar membutuhkannya.

Itulah beberapa cara memilih flashdisk OTG yang bagus. Silakan temukan produk terbaik sesuai kebutuhan pribadi dan jangan memaksakan diri.

Daftar flashdisk OTG terbaik dengan harga terbarunya

Berikut ini beberapa ulasan produk flashdisk terbaik yang dapat kami rekomendasikan:

1. Produk super awet dengan fitur 5 proof technology: Samsung USB 3.0 flash drive duo

Samsung USB 3.0 flash drive duo

Kapasitas Samsung flash drive ini sangat besar, yakni ada yang 128 GB. Dengan kapasitas tersebut, pengguna akan lebih leluasa dalam menyimpan datanya. Apalagi, produknya juga memiliki port USB micro B dan tipe A.

Menariknya lagi, ada tambahan fitur 5 proof technology, yakni magnetic proof, shockproof, waterproof, temperature proof, dan waterproof.

Dengan kata lain, keamanannya sangat kuat ditambah dengan adanya casing metal pada bodinya.

  • Konektor: Tipe A dan micro-B.
  • Kapasitas: 32, 64, dan 128 GB.
  • Fitur tambahan: 5 proof technology.
  • Versi USB: 3.0.

Harga produknya beragam, tergantung kapasitas yang Anda beli. Untuk kapasitas rendahnya (32 GB) harganya sekitar 150 ribuan.

2. Konektor lightning yang elastis sehingga unik dan fungsional: SanDisk iXpand Flash Disk

SanDisk iXpand Flash Disk

Jika Anda mencari produk yang bisa dipakai untuk memindahkan data di perangkat Apple, maka SanDisk iXpand ini bisa jadi pilihan yang cocok. Produknya menarik karena bagian lightningnya elastis dan bisa disimpan dengan sangat baik.

Selain itu, bodinya juga ramping sehingga tidak menghabiskan ruang dan mudah disimpan.

  • Konektor: tipe A dan lightning.
  • Kapasitas: 32, 64, 128, dan 356 GB.
  • Fitur tambahan: konektor lightning yang fleksibel.
  • Versi USB: 3.0.

Harganya mulai dari 350 ribuan sampai 1 jutaan.

3. Kedua port terlindung dan kecepatannya super: SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type C

Teknologi yang ditawarkan oleh SanDisk Ultra Dual Drive ini adalah USB 3.1 dengan kecepatan transfer data yang luar biasa. Port yang tersedia adalah tipe C dan tipe A.

  • Konektor: tipe A dan C.
  • Kapasitas: 16, 32, 64, 128, dan 256 GB.
  • Fitur tambahan: dual connectors.
  • Versi USB: 3.1.

Untuk versi 32 GB, produknya dibanderol di harga 120 ribuan.

4. Desainnya unik dengan model kucing imut: PQI Connect 303 Lucky Cat

PQI Connect 303 Lucky Cat

PQI menghadirkan flashdisk OTG terbaik yang unik dengan gambar kucing imut. Apabila Anda penyuka kucing, maka produk ini bisa jadi pilihan. Selain desainnya yang unik, pilihan warnanya juga banyak.

  • Konektor: tipe A dan micro B.
  • Kapasitas: 8, 16, 32, 64 GB.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Versi USB: 3.0.

Harga produknya adalah sekitar 120 ribuan untuk kapasitas 32 GB.

5. Fitur automatic camera roll backup untuk perkuat keamanan data: SanDisk The iXpand Mini Flash Drive for Your iPhone

SanDisk The iXpand Mini Flash Drive for Your iPhone

Apabila Anda menghendaki produk yang bisa melakukan backup atas data dengan cepat, maka SanDisk The iXpand mini flash drive ini pilihan yang tepat. Selain mampu melakukan backup, dia juga bisa mentransfer data dengan cepat sebanyak 90 MB per detik.

  • Konektor: tipe A dan lightning.
  • Kapasitas: 32, 64, 128, 256 GB.
  • Fitur tambahan: automatic camera roll backup.
  • Versi USB: 3.0.

Versi 128 GB-nya dibanderol mulai dari 500 sampai 600 ribuan di marketplace.

6. Tampilan keren dengan kecepatan yang tinggi: SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

SanDisk memang selalu mengeluarkan flashdisk OTG terbaik. Lewat produknya satu ini dia memberikan kecepatan yang tinggi dengan tampilan yang keren. Kecepatan yang ditawarkan bahkan bisa sampai 150 MB per detik.

  • Konektor: tipe A dan micro B.
  • Kapasitas: 16, 32, 64, 128, 256 GB.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Versi USB: 3.0.

Untuk kapasitas terendah, banderol harganya di bawah 100 ribu rupiah. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin mahal harganya.

7. Ukurannya mini tapi kualitasnya mumpuni: Kingston Data Traveler microDuo 3C USBFlash Drive

Kingston Data Traveler microDuo 3C USBFlash Drive

Saat digunakan, flashdisk OTG terbaik dari Kingston ini tidak akan memakan banyak tempat karena ukurannya yang mini. HP tetap nyaman digunakan saat terkoneksi dengan flashdisk-nya.

Produk ini kecil-kecil cabe rawit sebab punya USB versi 3.1 yang memastikan kecepatan transfer datanya.

  • Konektor: tipe A dan tipe C.
  • Kapasitas: 32, 64, 128 GB.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Versi USB: 3.1.

Anda bisa membeli versi 32 GB dengan harga 180 ribuan rupiah.

8. Ukurannya kompak, desain menarik dan tidak membosankan: Addlink OTG Flash Drive

Addlink OTG Flash Drive

Ukurannya kompak dengan warna yang kekinian. Produknya juga sangat ringan dengan bobot sekitar 4 gram saja. Casingnya kuat dengan gaya trendy.

  • Konektor: tipe A dan micro B.
  • Kapasitas: 8, 16, 32 GB.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Versi USB: 2.0.

Untuk versi 32 GB, harga flashdisk-nya adalah sekitar 130 ribuan.

9. Casing aluminium untuk perkuat bodi: TeamGroup USB OTG Flash Drive

TeamGroup USB OTG Flash Drive

Casingnya berbahan aluminium, itulah yang membuat flashdisk OTG terbaik dari Teamgroup ini awet dan kuat. Selain itu, produknya juga sudah dilengkapi dengan penutup untuk mengamankan port dari debu atau yang lainnya.

  • Konektor: type A dan micro B.
  • Kapasitas: 16, 32, 64 GB.
  • Fitur tambahan: casing aluminium.
  • Versi USB: 3.0.

Untuk membeli versi 64 GB, silakan sediakan uang 340 ribuan.

10. Harga flashdisk OTG terbaik yang murah dengan kecepatan mumpuni: SanDisk Ultra Dual Drive USB 3.0

SanDisk Ultra Dual Drive USB 3.0

Flash Drive dari SanDisk ini merupakan produk yang paling banyak dicari dan cukup populer. Harganya yang murah menjadi salah satu alasannya.

Selain murah, produknya juga sudah dilengkapi dengan kualitas yang mumpuni. Di antaranya adalah kecepatan transfer data 150 MB per sekon.

Pada flashdisk ini tersedia port micro B dan tipe A sehingga memudahkan pemakaian. Yang menarik, Anda bisa memasukkan port-nya ke dalam casing-nya secara menyeluruh.

  • Konektor: tipe A dan micro B.
  • Kapasitas: 16, 32, 64, 128, 256 GB.
  • Fitur tambahan: dual connectors.
  • Versi USB: 3.0.

Untuk membeli varian 32 GB, Anda cukup menyediakan uang di bawah 100 ribu. Sementara versi 64 GB-nya dibanderol mulai dari 130 ribuan.

11. Bisa difungsikan sebagai penghubung mouse, printer, dan keyboard: Adata UD320

Adata UD320

Adata UD320 hadir dengan desain yang unik, kecil tapi terlihat kokoh. Port USB-nya juga aman berkat penutup di sisi kanan dan kiri. Produknya hadir dengan pilihan kapasitas beragam dan besar sehingga bisa dipakai untuk menyimpan berkas-berkas musik, film, hingga foto.

Menariknya lagi, Anda bisa menghubungkan flashdisk ini dengan printer, mouse, dan keyboard karena di bagian tengahnya terdapat port USB standar.

  • Konektor: tipe A dan standar.
  • Kapasitas: 32, 64 GB.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Versi USB: tidak ada info.

Varian 32 GB dibanderol dengan harga 70 sampai 90 ribuan. Sementara varian 64 GB-nya mulai dari 110 ribuan sampai 200 ribuan.

12. Model tutup 2 sisi agar konektornya aman: Vandisk V60N

Vandisk V60N

Dengan penutup di kedua sisinya, Vandisk V60N menjadi produk yang aman digunakan. Tidak mudah kena debu atau gangguan lainnya. Soal penyimpanan, Anda tidak perlu khawatir. Flashdisk OTG terbaik ini sudah dilengkapi dengan tali yang akan memudahkan Anda dalam menemukannya.

Yang menarik, Anda bisa menghubungkannya dengan berbagai perangkat, mulai dari perangkat bersistem operasi windows hingga Mac OS.

  • Konektor: micro B dan tipe A.
  • Kapasitas: 16 GB.
  • Fitur tambahan: tali built in sehingga bisa digantung dan antivirus.
  • Versi USB: 2.0.

Harga produknya sangat beragam di marketplace. Namun sebagian besar toko menjualnya dengan harga di bawah 100 ribu.

Itulah beberapa produk flashdisk OTG terbaik yang dapat Anda pilih. Pastikan untuk memperhatikan kompatibilitas perangkatnya sehingga lebih aman dan cocok saat membeli.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles