Dengan Nearby Share, Anda bisa dengan mudah membagikan, file, foto, tautan, dan masih banyak lagi lainnya ke sesama pengguna Android.

 

Kabar terbaru, Google akan menambahkan fitur Nearby Share. Aplikasi ini nantinya bisa digunakan untuk berbagi aplikasi dari Play Store dengan pengguna Android lainnya, tanpa perlu jaringan internet ataupun WiFi sekalipun.

“Cukup buka Google Play, lalu pergi ke menu ‘Share Apps’ in “My Apps & Games’, pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan, lalu beri tahu teman mengijinkan aplikasi yang dikirim,” terang Google lewat blognya (3/12/20).

Sayangnya, Google tidak menjelaskan secara rinci detail teknis Nearby Share. Sementara ini versi Android 6.0 ke atas yang bisa menggunakan aplikasi berbagi ini. Jadi sementara bisa kita anggap kalau Nearby Share bisa digunakan di semua perangkat Android.

Sebelum adanya Nearby Share, Google belum pernah terang-terangan mengungkap bagaimana cara yang mudah untuk berbagi file.

Cara menggunakan Nearby Share pun sangat mudah. Pilih konten yang ingin Anda bagikan, klik share, temukan ikon “nearby”, lalu pilih orang yang ingin Anda kirimi konten itu. Orang yang menerima konten bisa menekan “accept”.

Ketika Nearby Share pertama dikenalkan, Google mengatakan kalau mengutamakan privasi. Sebagai contoh, Anda bisa mengirim dan menerima file secara anonymously alias tanpa nama.

Karena bagian dari Play Store, pengguna Android nantinya tidak perlu khawatir kalau aplikasi yang dikirim tidak bisa berjalan.

Fitur berbagi aplikasi ini akan segera hadir di Nearby Share dalam beberapa minggu mendatang.

Tagged in:
, ,

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles