Home » Tech News » Fitur Berbagi Lokasi Secara Real-time Mendarat di WhatsApp

Fitur Berbagi Lokasi Secara Real-time Mendarat di WhatsApp

WhatsApp, layanan pesan milik Facebook mengantongi sedikitnya  1 miliar pengguna meluncurkan kembali fitur baru bernama live location. Fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk membagikan lokasi secara real-time sesuai pergerakan. Perbedaan utama dengan fitur berbagi lokasi sebelumnya, Live Location bersifat dinamis dan memperbarui lokasi Anda secara real time, bahkan saat Anda membuka aplikasi lain.

“Live Location adalah cara untuk berbagi lokasi dalam obrolan dan para peserta obrolan dapat melihat lokasi secara real-time seiring pergerakan. Fitur ini bersifat jangka pendek, durasinya terbatas, ” Kata Zafir Khan, Product Manager di WhatsApp.

Lokasi dibagikan di jendela obrolan individu dan juga grup, dan semua anggota grup bisa memantau pergerakan Anda secara live selama masih dalam durasi yang ditetapkan.

Bagaimana cara kerjanya?

Untuk berbagi lokasi langsung ke dalam obrolan WhatsApp – cukup mengetuk ikon lampiran di bagian kanan atas jendela obrolan, atau ikon plus di iPhone – Anda akan diminta untuk memilih durasi waktu pembagian lokasi. Anda hanya dapat memilih salah satu opsi mulai dari 15 menit, 1 jam (default), sampai dengan 8 jam. Setelah dibagikan, kontak yang berada dalam obrolan akan melihat sebuah jendela peta lengkap dengan foto profil Anda di dalamnya.

Pengguna secara manual dapat menghentikan berbagi data lokasi langsung dalam obrolan kapanpun juga. Opsi baru di Setelan Privasi Akun akan memberi gambaran tentang semua obrolan WhatsApp yang Anda gunakan untuk berbagi lokasi langsung Anda saat itu.

Fitur Live Location ini dipastikan bakal bergulir ke Android dan iPhone secara global. Namun butuh beberapa pekan untuk sampai ke seluruh pengguna secara merata.

Have your say!

0 0