Firefox, yang mendapatkan banyak perubahan pada bulan Juni lalu kembali dirombak oleh empunya. Versi terbarunya, Firefox 55, akan diluncurkan pada 8 Agustus dilengkapi dengan dukungan VR . Firefox akan bergabung dengan jajaran Google Chrome dan Microsoft Edge, yang tahun lalu juga menambahkan fungsi VR berbasis web.

VR berbasis web di Firefox akan tersedia untuk semua pengguna Windows yang memiliki headset HTC Vive atau Oculus Rift. Ini adalah fitur baru yang telah diupayakan untuk Mozilla sejak beberapa waktu yang lalu, menggunakan platform baru yang disebut dengan WebVR yang memungkinkan browser menjalankan pengalaman virtual reality. Fitur semacam ini sudah tersedia di Firefox Nightly, versi pra-rilis browser Mozilla, tetapi ketersediaannya sangat terbatas di Servo, browser yang dibuat oleh pengembang perorangan dan disponsori oleh Mozilla.

Meski begitu, Firefox tertinggal dari pesaing yang lebih besar, Chrome. Chrome menambahkan VR berbasis web pada bulan Februari, saat ini merupakan browser yang paling mudah diakses untuk platform VR. Di Chrome, Anda bisa menggunakan konten VR di HTC Vive, Oculus Rift, dan jelas, Google Cardboard dan Google Daydream.

Namun sebagai pelengkapnya, Firefox 55 juga akan menyertakan alat baru yang masih dalam pengujian beta yang disebut Firefox Screenshots, sebuah fitur yang secara otomatis menyimpan tangkapan layar ke awan kemudian menyalinnya ke clipboard Anda. Screenshot akan kedaluwarsa dalam dua minggu atau bisa diatur ulang secara manual untuk durasi waktu yang lebih lama. Selebihnya, Firefox 55 memberikan efisiensi yang jauh lebih baik dan tentu kinerja yang lebih mulus.