Home » Sains » Fiber Optik Ini Membuat Komputer Berpikir Seperti Manusia

Fiber Optik Ini Membuat Komputer Berpikir Seperti Manusia

fiber-optik
fiber-optik (gambar : gizmag)

Para peneliti di University of Southampton dan Nanyang Technological University (NTU) Singapura telah menemukan bahwa fiber optik dapat digunakan untuk membangun listrik berdaya rendah. bandwidth tinggi neuron buatan yang dapat meniru rekan-rekan biologisnya.Ini telah digunakan dalam sebuah chip yang dirancang dengan sempurna. Teknologi ini dapat menyebabkan komputer yang berpikir dan belajar seperti manusia.

Perlu diketahui bahwa otak manusia dapat memproses sebagian besar informasi dengan sangat cepat dalam anggaran listrik kecil (20 W). Namun sangat disayangkan, jika sekelas superkomputer terbaru dan terbesar mengalami hambatan arsitektur-driven. Hal ini menyebabkan pembatasan kecepatan pemrosesan data dan membutuhkan lebih dari satu juta perintah untuk menjalankan simulasi otak dalam gerakan lambat.

Jika kita ingin membangun sebuah mesin komputer dengan kemampuan berpikir dan belajar seperti manusia, mungkin perlu memikirkan kembali cara mesin tersebut bekerja. Komputasi neuromorphic, adalah disiplin baru yang memanfaatkan elektronik untuk meniru biologi otak.

fiber-optik-neuron-buatan

fiber optik neuron buatan (gambar : gizmag)

Sistem neuromorphic sebelumnya mengandalkan elektronik saja. Tapi sekarang tim peneliti yang dipimpin oleh Prof. Cesare Soci di NTU telah menemukan jawabannya. Bahwa segelas sulfur yang diturunkan dapat digunakan untuk membuat chip neuromorphic berdasar pada fiber optik. Dengan teknologi fiber optik baru, diaharapkan bisa meningkatkan bandwith data dan mengurangi konsumsi daya dari perangkat komputer.

Seperti dalam perangkat neuromorphic, fiber optik buatan terlihat dan berperilaku sama seperti rekan biologisnya. Bahkan dari sudut pandang fungsional, perbedaan utamanya adalah sifatnya yang hanya sementara dalam otak normal. Sinyal yang mengaktifkan neuron listrik di alam ini adalah sinyal optik.

Karena kerja dalam chip neuromorphic sangat mirip dengan otak sebenarnya. Para peneliti percaya bahwa pemahaman rinci tentang bagaimana otak manusia bekerja dapat diterjemahkan ke otak buatan melalui fiber optik baru adalah sangat relatif. Dengan fiber optik baru, peneliti bisa mengembangkan kecepatan transmisi, data bandwith dan juga konsumsi daya yang lebih hemat.

Sumber : gizmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.