Home » Tech News » Facebook Perkenalkan Oculus Go, Headset VR Mandiri yang Terjangkau

Facebook Perkenalkan Oculus Go, Headset VR Mandiri yang Terjangkau

Virtual Reality saat ini belum menjadi gadget populer dan masih terkotak menjadi dua kelas, premium dan murah. Tapi Facebook tampaknya menghadirkan opsi ketiga, sebuah headset VR yang mampu bekerja seorang diri tanpa membutuhkan kehadiran smartphone ataupun smartphone.

Headset Oculus Go diresmikan di ajang konferensi tahunan Oculus yang digelar di Amerika Serikat pekan ini. Yang menarik, headset VR ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, hanya $200 atau Rp2.8 juta-an.

Jika dibandingkan dengan Oculus Rift, headset VR Facebook sebelumnya, tentu harga Oculus Go jauh lebih murah, hampir sepertiganya. Oculus Rift pertama kali diluncurkan dengan banderol mencapai Rp 8 juta-aan dan butuh komputer dukungan seharga yang kurang lebih sama.

Di sisi komponen, Oculus Go mempunyai layar fast switch LCD dengan resolusi 2560 x 1440 piksel. Layar ini selain bebas lag juga mengurangi efek garis di antara piksel atau biasa disebut dengan screen door.

“Perangkat all-in-one ini membuat VR lebih terjangkau dibanding sebelumnya dan mewakili peningkatan besar di area kenyamanan, kejelasan pandangan, dan kemudahan pakai,” kata Oculus dalam pernyataan resminya.

Dalam praktik di pasarnya, Oculus Go bakal menjadi opsi baru yang lebih terjangkau, berada di tengah antara Oculus Rift dan HTC Vive. Tapi lebih premium ketimbang Samsung Gear VR dan Daydream View dari Google. Tapi Facebook wajib waspada, karena Google punya rencana untuk menciptakan headset VR yang bisa bekerja sendiri tanpa dukungan PC atau smartphone.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>