Gadget

Facebook, Google, Samsung, Sony, HTC dan Acer Bentuk Asosiasi VR (GVRA)

JATIMTECH.com – Facebook, Google, Samsung, Sony, HTC dan Acer membentuk sebuah asosiasi global VR yang disebut GVRA. Keenam perusahaan yang masing-masing memproduksi perangkat virtual reality ini sepakat untuk tergabung dalam GVRA dengan tujuan yang sama.

Seperti yang sobat ketahui, saat ini telah banyak perusahaan yang memproduksi perangkat virtual reality. Akan tetapi, mereka tidak berkompetisi secara langsung, seperti persaingan ponsel cerdas ataupun komputer tablet.

Paket Vive VR
HTC Vive VR

Virtual Reality

Setiap perusahan yang disebutkan di atas memiliki merek VR tersendiri. Seperti Facebook dengan Oculus Rift, Google dengan Google Daydream, Samsung dengan Gear VR, Sony dengan PS VR, HTC dengan HTC Vive, dan Acer dengan Starbreeze.

Gear VR
Samsung Gear VR

Keenam perusahaan teknologi tersebut hanya menyisihkan beberapa perusahaan yang juga memproduksi perangkat VR. Sebut saja Microsoft dengan Holographic VR, Xiaomi VR, OSVR yang didukung oleh Razer, Leap dan Intel, serta Valve yang merupakan partner HTC dalam memproduksi HTC Vive.

Sony PlayStation VR
Sony PlayStation VR

GVRA

Asosiasi Global VR yang dibentuk keenam perusahaan ini akan bekerja sama mempromosikan VR, seperti dilansir dari GSM Arena (9/12/2016). Tujuannya agar terjadi kesamaan visi di antara perusahaan VR. Berikut ini adalah pernyataan dari GVRA.

“Para anggota asosiasi akan mengembangkan dan berbagi praktik terbaik, melakukan penelitian, dan membawa komunitas VR internasional bersama-sama untuk kemajuan teknologi.”