Tech News

Facebok dan Xiaomi Berkolaborasi Bikin Headset VR Bareng

Oculus, perusahaan perakit headset VR milik Facebook baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya bermitra dengan pembuat ponsel asal China, Xiaomi untuk meracik headset virtual reality standalone yang baru – Oculus Go dan juga mengungkapkan bahwa mereka akan meluncurkan versi produk khusus untuk pasar China bernama Mi VR Standalone.

Oculus mengatakan Xiaomi akan memproduksi penuh headset Oculus Go baru, yang diumumkan Oktober lalu, dan juga akan menjadi rekanan eksklusi yang merakit Mi VR Standalone khusus untuk pasar China menggunakan teknologi Oculus. Oculus Go akan diluncurkan pada awal 2018, dimulai dengan harga $199.

Facebok dan Xiaomi Berkolaborasi Bikin Headset VR Bareng

Perusahaan juga mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Qualcomm dan akan menggunakan chipset Snapdragon 821 untuk menyalakan kedua headset VR terbaru di atas.

Belum jelas apakah kedua headset masih punya kesamaan selain jeroan di atas, namun jika melirik bagaimana rupa keduanya, besar kemungkinan baik Oculus Go maupun Mi VR Standalone mempunyai bekal yang tak berbeda. Namun mengingat Mi VR ditujukan untuk pasar china, maka konten-konten di dalamnya juga bakal disesuaikan sehingga menjawab kebutuhan konsumen di sana.

Sementara itu Qualcomm pada keynote CES 2018-nya juga meluncurkan SoC Bluetooth baru yang ditujukan untuk headset nirkabel. Seri Qualcomm Low Power Bluetooth SoC QCC5100 dirancang untuk membantu produsen membuat earbud nirkabel yang ringkas, kaya fitur dan headset.