Home » Hardware » Mobile » Exynos 7, Prosesor Mobile 14nm Terbaru dari Samsung

Exynos 7, Prosesor Mobile 14nm Terbaru dari Samsung

Prosesor Samsung Exynos 7
Prosesor Samsung Exynos 7

Samsung akhirnya secara resmi mengumumkan prosesor mobile terbaru dengan arsitektur 14nm. Prosesor tersebut dinamai Exynos 7. Samsung memberikan perubahan yang signifikan untuk prosesor flagshipnya ini. Lebih kecil dibandingkan dengan prosesor 20nm terbaru mereka, seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy Note 4 ataupun Samsung Galaxy Alpha.

Memperkecil ukuran prosesor tentu saja bukan perkara yang mudah. Samsung telah bertahun-tahun merancang manufaktur yang rumit termasuk struktur transistor 3D, yang diberi nama FinFET 3D.

Samsung juga dikabarkan akan menerapkan konstruksi teknologi 3D ini ke chip baru mereka. Dengan teknologi ini, prosesor atau chip akan memiliki kinerja yang lebih baik serta lebih hemat konsumsi daya.

Dilansir dari AndroidHeadlines, Samsung mengklaim hingga peningkatan kinerja 20%, pengurangan 35% dalam konsumsi daya dan peningkatan 30% dalam produktivitas.

Meskipun prosesor Exynos 7 telah dimumkan ke publik, namun belum ada kepastian apakah prosesor ini akan digunakan di Galaxy S6.

Namun melihat ketatnya persaingan di pasar smartphone saat ini, Samsung kemungkinan besar akan menggunakannya di seri terbaru Galaxy yang akan dirilis Maret tahun ini.

Written by
Agung memiliki passion pada perkembangan hardware yang terbaru, prosesor, harddis, serta perkembangan di dunia gadget.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.