Home » Internet » Mesin Pencari » Ekstensi Chrome Di Firefox, Untuk Apa?

Ekstensi Chrome Di Firefox, Untuk Apa?

ekstensi-chrome-di-firefox
Ekstensi Chrome (Gambar : My Tech Bits)

Jatimtech.com – Firefox merupakan salah satu mesin pencari terbesar. Kebanyakan orang-orang yang menggunakan PC untuk browsing menggunakan Mozilla Firefox sebagai mesin pencari utama. Alasannya adalah karena pada firefox terdapat banyak add-ons yang sangat membantu pengguna dalam aktivitas browsing. Kali ini Firefox hadir dengan ekstensi Chrome sebagai add-ons. Namun pertanyaannya adalah untuk apa ekstensi Chrome digunakan di Firefox? Bukankah keduanya merupakan saingan?

Dilansir dari Mozilla Blog (21/8/2015), “Kami ingin add-on development untuk menjadi lebih seperti pengembangan Web: kode yang sama harus dijalankan di beberapa browser menurut perilaku yang ditetapkan oleh standar, dengan dokumentasi yang komprehensif yang tersedia dari beberapa vendor.” Jadi Mozilla memiliki API Blink-kompatibel baru di Firefox yang disebut WebExtensions. Dimana API baru inilah yang akan memungkinkan ekstensi kode untuk Chrome dan Opera. Mozilla juga menambahkan jika nantinya Web Ekstension seperti ekstensi Chrome juga akan diterapkan pada Microsoft Edge, namun dengan beberapa perubahan tentunya.

“WebExtensions akan berperilaku seperti Firefox add-ons lainnya, mereka akan ditandatangani oleh Mozilla, dan ditemukan melalui addons.mozilla.org (AMO) atau melalui situs web pengembang,” kata Mozilla. “Dengan API ini, pengembang ekstensi harus dapat membuat ekstensi yang sama tersedia di Firefox dan Chrome dengan jumlah minimal perubahan untuk repackage untuk setiap platform.”

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>