Apakah Anda ingin membuat video dengan lebih menawan dan menarik? Anda bisa memilih editor video terbaik untuk membantu proses kreatif ini.

 

Namun, tidak semua orang yang ingin mengedit video memiliki keahlian atau kemampuan yang diperlukan. Jadi, inilah pertanyaannya: Apa program pengeditan video gratis terbaik untuk amatir?

editor video untuk pemula

Kami telah menyiapkan daftar 6 perangkat lunak pengeditan video teratas untuk pemula untuk Anda di posting ini. Kami juga telah menyoroti beberapa fitur dan kekurangan mereka untuk membantu Anda mengenal mereka lebih baik. Mari kita mulai!

6 Platform Pengeditan Video Teratas untuk Pemula

Untuk membuat film promosi terbaik sebagai pemula, Anda memerlukan pembuat video terbaik yang memenuhi kebutuhan Anda dan mudah digunakan. Berikut adalah 6 pilihan editor video teratas kami untuk pemula.

1. InVideo: Editor Video Online Terbaik untuk Pemula dengan Berbagai Macam Template yang Mudah digunakan

Tampilan InVideo

Alat pengeditan video online ini sangat ideal untuk pemasar, penerbit, individu, dan bisnis dari semua ukuran. Program yang kompatibel dengan desktop ini adalah yang terbaik di kelasnya karena berbagai alasan, termasuk dukungan untuk bingkai cerdas, sulih suara otomatis, dan banyak lagi.

Pengguna memuji editor video online ini untuk layanan pelanggan yang sangat baik, antarmuka pengguna, nilai uang, dan, tentu saja, kemampuannya. Dengan templat video berkualitas tinggi baru yang dirilis setiap bulan, aplikasi ini cocok untuk editor video pemula dan berpengalaman.

Ini tampak mudah digunakan dan memiliki keserbagunaan yang luar biasa. InVideo memungkinkan Anda menghasilkan jenis video apa pun yang mungkin Anda perlukan. Template dapat dicari, memungkinkan Anda menemukan sesuatu yang berfungsi dengan cepat. Pembangun memiliki antarmuka seret dan lepas serta tampilan garis waktu.

Anda juga dapat bekerja berlapis-lapis dan memanfaatkan tampilan garis waktu yang canggih. Asisten Video Cerdas InVideo membuat rekomendasi yang dibuat oleh AI untuk membantu Anda menyempurnakan video Anda. Paket harga platform mulai dari $15/bulan untuk paket bisnis dan $30/bulan untuk paket Tidak Terbatas, ditagih setiap tahun.

2. Adobe Premiere Pro: Digunakan oleh Para Profesional di Hollywood

Adobe Premiere Pro adalah program pengeditan video terbaik lainnya yang kami rekomendasikan. Aplikasi editor video ini adalah standar industri untuk para profesional di Hollywood dan televisi, dan bahkan YouTuber terkenal menggunakannya. Ini adalah lintas platform dan bekerja pada Mac dan Windows.

Jika Anda sudah menjadi pelanggan Adobe dan menggunakan program lain seperti Photoshop, After Effects, atau Adobe Stock, masuk akal untuk menggunakan Premiere Pro karena berinteraksi dengan lancar dengan alat lain.

Ini dapat menangani gambar multi-sudut dan mendukung format video 4K, 8K, dan VR terbaru. Ini juga mencakup kemampuan pemotongan dan pengeditan yang canggih untuk menawarkan kontrol penuh kepada Anda. Ada grading warna yang kuat, koreksi warna, dan alat pengomposisian yang tersedia.

Ada juga opsi kunci kroma untuk menghapus latar belakang dari rekaman layar hijau. Anda dapat mengimpor video dari hampir semua sumber atau format, dan Anda memiliki jumlah template video yang hampir tak terbatas untuk mengekspresikan diri Anda.

Adobe Premiere Pro dapat dibeli secara terpisah seharga $239,88 per tahun. Atau, dengan $52,99 per bulan, Anda dapat memiliki akses ke semua 20+ aplikasi Adobe, termasuk Premiere Pro, Photoshop, Illustrator, XD, semua tipografi Adobe Pro, dan alat kolaborasi.

3. Camtasia: Aplikasi Perekam Layar Sekaligus Editor Video yang Canggih

Camtasia dikenal dengan baik karena kemampuan menangkap layarnya, tetapi juga menyertakan alat pengeditan video yang canggih.

Kombinasi kemampuan perekaman dan pengeditan layar membuatnya ideal untuk menghasilkan tutorial YouTube, kuliah kursus online, video petunjuk, ulasan produk, dan konten lainnya.

Anda akan menemukan kumpulan template video yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan jenis film yang Anda inginkan dengan cepat. Prosedur mengedit video sangat sederhana. Cukup gunakan editor drag-and-drop untuk memodifikasi film Anda dengan cepat dan menambahkan animasi dan efek transisi.

Ada juga integrasi PowerPoint untuk membantu Anda membuat presentasi yang menarik. Anda juga akan menemukan elemen interaktif yang menyenangkan seperti kuis yang mungkin Anda sertakan dalam film Anda.

Anda dapat merekam video di ponsel Anda menggunakan aplikasi iPhone dan kemudian mengeditnya dengan program. Ini sangat berguna jika Anda melakukan video instruksional atau penelusuran seluler.

Camtasia memiliki paket individu $ 249,99 yang memiliki akses ke semua fungsi dan dapat dioperasikan dengan Windows dan Mac.

4. Promo: Aplikasi Editor Video Pemasaran dengan Cepat dan Mudah

Promo adalah editor video online fantastis yang ideal untuk membuat video pemasaran. Hal ini sangat sederhana untuk digunakan. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat materi promosi.

Jika Anda kesulitan menemukan ide video Instagram atau iklan video untuk Facebook dan YouTube, alat ini dapat membantu. Hanya perlu beberapa klik untuk menghasilkan video menarik yang siap dibagikan secara online. Ini sangat sederhana.

Template dapat ditemukan di berbagai niche video seperti bisnis, real estat, pemasaran, pariwisata, eCommerce, dan rekrutmen, serta sumber daya manusia.

Selain itu, terdapat template khusus untuk kegiatan pemasaran seperti video promosi, iklan Facebook, iklan Instagram, iklan YouTube, dan iklan LinkedIn. Anda dapat memulai dari awal dengan template kosong jika Anda menginginkan kebebasan berkreasi yang lebih besar.

Paket Basic adalah $49 per bulan. Jika Anda membuat banyak video pemasaran, paket Standar menawarkan klip premium dan unduhan video tanpa batas, serta opsi untuk menambahkan tanda air ke film Anda seharga $99 per bulan.

5. Filmora by Wondershare: Aplikasi Editor Video Pemula untuk Windows dan MacOS

Wondershare’s Filmora adalah program pengeditan video dasar dan mudah digunakan. Ini memiliki kurva belajar yang rendah, sehingga ideal untuk orang-orang yang baru memulai mengedit video.

Bahkan jika Anda belum pernah menggunakan perangkat lunak pengeditan video sebelumnya, Anda dapat membuat video pertama Anda menggunakan editor yang sederhana dan mudah digunakan ini.

Saat kemampuan Anda berkembang, Anda dapat menggunakan fungsi pengeditan canggih alat ini, seperti pengurangan kebisingan, kontrol kecepatan, penyetelan warna, dan banyak lagi. Anda juga akan menemukan koleksi efek grafis dan judul bawaan yang ditujukan untuk YouTuber.

Anda juga dapat memanfaatkan koleksi musik dan efek suara bebas royalti di video Anda. Untuk membantu Anda membuat proses hemat waktu Anda sendiri, versi terbaru menyertakan kemampuan seperti grafik gerak, pencocokan warna, dan editor pintasan keyboard.

Ada juga aplikasi smartphone gratis untuk mengedit video saat bepergian dan membagikannya di Instagram atau YouTube. Edisi premium berharga $69,99 untuk langganan seumur hidup atau $44,99 per tahun.

6. Final Cut Pro: Aplikasi Editor Video Premium Terbaik untuk MacOS

Final Cut Pro adalah program pengeditan video paling populer untuk macOS, dengan lebih dari 2 juta pengguna. Terlepas dari kekuatannya, alat ini sangat mudah digunakan. Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro memiliki set fitur yang hampir mirip.

Perbedaan utamanya adalah Final Cut Pro X tidak kompatibel dengan Windows. Ini memiliki fitur canggih untuk membantu Anda mengedit film lebih cepat, seperti pemotongan Smart Conform, yang memastikan bahwa tidak ada urutan penting yang terpotong.

Platform ini juga mencakup alat pengelompokan, alat pengorganisasian, template animasi, transisi, dan perpustakaan efek video. Ada juga alat pengeditan audio bawaan.

Jika Anda berencana untuk mengunggah video ke Facebook atau YouTube, Anda dapat memanfaatkan fungsi ekspor untuk secara otomatis mengoptimalkan dan menetapkan rasio aspek yang benar.

Final Cut Pro bukan layanan berlangganan dan memiliki paket harga yang disederhanakan. Bayar biaya satu kali sebesar $299,99 untuk mendapatkan akses seumur hidup ke perangkat lunak.

Kesimpulan

Semua editor video dalam daftar ini menawarkan fitur fantastis dan sangat mudah digunakan. Banyak sekali tutorial yang tersedia di Youtube bila Anda kesulitan. Aplikasi yang kami sebutkan diatas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan, dan Anda bisa memilih sesuai denngan kebutuhan dan penggunaan Anda.

Jika Anda membuat saluran YouTube, perangkat lunak pengeditan video terbaik adalah yang mudah digunakan dan terjangkau. Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dan berinvestasi dalam alat pengeditan video profesional seiring dengan meningkatnya kebutuhan Anda.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles