Now Reading
Edan! Ilmuwan Bikin Malware dari Perpaduan Kode Program dan DNA
0

Edan! Ilmuwan Bikin Malware dari Perpaduan Kode Program dan DNA

by Meri12 Agustus 2017

Banyak hal yang sebelumnya ada dalam film fiksi ilmiah telah direalisasikan dalam kehidupan nyata. Kini, satu lagi imajinasi gila dalam film menjadi kenyataan. Para peneliti di University of Washington telah berhasil menginfeksi komputer dengan malware yang dikodekan menjadi untaian DNA. Untuk melihat apakah komputer dapat dikompromikan dengan cara itu, tim memasukkan kerentanan keamanan yang diketahui dalam program pengolahan DNA sebelum membuat untai DNA sintetis dengan kode berbahaya yang disematkan.

Sebuah komputer kemudian menganalisis untai “terinfeksi”, dan sebagai akibat dari malware yang ada di dalam DNA, para periset dapat mengeksploitasi komputer dari jarak jauh. Hasilnya dipublikasikan dalam sebuah makalah baru-baru ini .

“Kami ingin memahami risiko keamanan komputer baru yang mungkin terjadi dalam interaksi antara informasi biomolekuler dan sistem komputer yang menganalisanya,” tulis para peneliti tersebut, yang dipimpin oleh Tadayoshi Kohno, seorang profesor ilmu komputer di University of Washington.

“Tujuan utama penelitian ini adalah untuk lebih memahami kelayakan serangan injeksi berbasis DNA. Kami juga tahu tidak ada upaya oleh lawan untuk kompromi program komputasi biologi.” jelas mereka.

Bulan lalu, para ilmuwan mengungkapkan bahwa mereka mampu memasukkan gambar GIF seekor kuda ke DNA bakteri hidup.

Sampai di sini, jujur saya justru merasa takut dengan potensi yang bisa dilakukan oleh malware ini jika jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Meri

Leave a Response