Diuji Coba, Snapdragon 815 Lebih Dingin Daripada Snapdragon 810 dan 801

Isu overheating yang mendera prosesor terbaru Snapdragon 810 memang memiliki dampak yang cukup besar bagi Qualcomm. Meski mengklaim telah berhasil mengatasinya, namun Qualcomm kehilangan salah satu pelanggan terbesarnya, Samsung.

Seperti tak ingin hal yang sama terulang kembali, Qualcomm pun menghadirkan chipset generasi baru Snapdragon 815. Menurut informasi yang dilansir dari STJS Gadgets Portal (22/03/2015), prosesor ini diklaim lebih dingin jika dibandingkan dengan Snapdragon 810, bahkan lebih dingin daripada Snapdragon 801.

Untuk membuktikan hal itu, Qualcomm telah melakukan tes uji coba terhadap ketiga prosesor itu dengan menggunakan tiga perangkat terpisah tanpa radio seluler. Uji coba dilakukan dengan menjalankan game Asphalt 8 menggunakan pengaturan grafis tertinggi untuk memanfaatkan grafis secara intensif.

Hasilnya, Snapdragon 815 memiliki suhu terendah diantara ketiganya dengan 38 derajat celcius tercatat. Sementara Snapdragon 801 berada pada titik suhu 42 derajat celcius. Dan terakhir Snapdragon 810 seperti yang diperkirakan berada pada titik suhu tertinggi dengan 44 derajat celcius.

Perlu diingat pula bahwa uji coba ini dilakukan tanpa radio seluler. Itu artinya, suhu chipset mungkin akan lebih tinggi dari uji coba ini saat ponsel menggunakan kartu SIM, dan sudah berada didalam perangkat yang telah dipasarkan.

DON'T MISS