Google dikenal tak pernah berhenti mengembangkan teknologi piranti lunaknya, mencoba secara konsisten menemukan inovasi baru demi menghadirkan banyak kemudahan. Selain Android, salah satu produk yang terus berkembang kreasi Google adalah Google Translate. Setelah memperoleh update kecil-kecilan belum lama ini, Google kembali menggulirkan update yang menghadirkan peningkatan kinerja dan juga dukungan bahasa baru.

Dijelaskan oleh tim di balik Google Translate, meskipuna separuh halaman internet ditulis dalam bahasa Inggris, nyatanya hanya 15% dari total populasi dunia yang berbicara dalam bahasa Inggris, bahkan tidak sebagai bahasa kedua. Untuk itulah Google Translate terus dikembangkan, dan update terbaru ini terpasang di Google Chrome, memungkinkan mereka yang tidak berbicara bahasa Inggris memperoleh kesempatan untuk membaca situs yang tertulis dalam bahasa tersebut. Menurut klaim Google, 150 juta halaman situs dapat diterjemahkan hanya dalam sekali sentuh.

Dikatakan lebih lanjut, pembaruan Google Translate memboyong peningkatan neural machine ke Chrome untuk 9 bahasa baru. Pengembang mengonfirmasi bahwa terjemahan neural machine sekarang mendukung lebih banyak halaman situs, antara lain ke bahasa Indonesia, Bengali, Gujarati, Kannada, Malayalam, Marathi, Punjabi, Tamil dan Telugu.

Dengan tambahan ini, maka Google Translate dengan neural machine di Chrome sudah mendukung 20 jenis bahasa berbeda. Sebelumnya, Google menghadirkan dukungan untuk bahasa Tiongkok, Perancis, Jerman, Hibru, Jepang, Korea, Portugal, Thailand, Turki, Vietnam dan Spanyol.