Home » Sains » Diesel Sintetis Ini Terbuat dari Udara dan Air

Diesel Sintetis Ini Terbuat dari Udara dan Air

diesel-sintetis
diesel sintetis (gambar : gizmag)

Audi adalah salah satu perusahaan pembuat mobil terbesar di Jerman. Baru-baru ini Audi dikabarkan berhasil membuat bahan bakar diesel yang terbuat dari udara dan air. Diesel sintetis ini adalah yang pertama kalinya di dunia. Karena sebelumnya belum pernah ada diesel sintetis yang hanya terbuat dari air dan udara.

Bahan bakar dasar diesel sintetis ini disebut sebagai blue crude (minyak mentah biru). Bahan dasar ini bersumber dari listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik. Seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkitlistrik tenaga surya, dan pembangkitlistrik tenaga air. Listrik yang dihasilkan dari ketiga pembangkit itu digunakan untuk menghasilkan hidrogen dari air melalui elektrolisis reversibel.

Hidrogen kemudian dicampur dengan CO2 yang telah diubah menjadi CO. Perubahan itu terjadi dalam dua proses kimia dan reaksi yang menghasilkan cairan yang terbuat dari hidrokarbon long-chain. Cairan inilah yang disebut dengan blue crude/minyak mentah biru. Kemudian cairan ini disempurnakan untuk menciptakan produk akhir yang disebut diesel sintetis. CO2 yang digunakan di sini adalah karbon dioksida yang berasal dari efek rumah kaca. Sehingga bisa dikatakan proses ini juga membantu pengurangan global warming.

Efek yang ditimbulkan dari diesel sintetis ini adalah mesin pada mobil menjadi lebih nyaman. Mesin juga tidak terdengar berisik seperti mesin diesel lainnya. Selain itu, polutan yang dihasilkan dari pembakaran diesel sintetis ini lebih sedikit. Bahan bakar diesel sintetis ini juga dapat dikombinasikan dengan diesel konvensional. Sama seperti yang dilakukan oleh bio diesel.

Sumber : GizMag

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>