Android

Dibuat ‘Nyaris Mati’ Oleh Android M, Nexus 5 Jadi Irit Baterai

Masih belum lama sejak Google memperkenalkan sistem operasi terbarunya, Android M. Sistem operasi populer ini pun membawa berbagai peningkatan selain beberapa fitur baru yang dibawanya. Satu diantara fitur baru itu adalah manajemen penggunaan baterai. Namun siapa sangka jika Android M mampu membuat smartphone menjadi super irit baterai bahkan hampir 3 kali lipat?

Itulah yang diketahui setelah Android M versi developer preview diuji cobakan pada Nexus 5 oleh tim pengembang Android. Menurut kabar yang dilansir dari PhoneArena (08/06/2015), Nexus 5 yang sudah menjalankan sistem operasi Android M ini kini mampu menyala hingga 533 jam. Padahal, Nexus 5 sebelumnya hanya mampu menyala selama 200 jam saja menggunakan sistem operasi teranyar yang telah dirilis oleh Google yaitu Android 5.1.1 Lollipop.

Menurut tim pengembang Android, dari uji coba dua perangkat Nexus yang masing-masing menjalankan Android M dan Android 5.1.1, konsumsi daya waktu siaga Nexus 5 dengan Android M hanya 4,5% saja, angka ini jauh lebih hemat dari Nexus 5 saat menjalankan Android 5.1.1 yang konsumsi dayanya 12% saat dalam kondisi siaga. Bahkan saat waktu siaga diperpanjang hingga 48 jam, ketahanan Nexus 5 yang menggunakan Android M juga hanya mengkonsumsi daya 9% saja. Sedangkan jika menggunakan Android 5.1.1 konsumsi dayanya mencapai 24%.

Iritnya baterai Nexus 5 karena Android M ini sendiri sebenarnya lebih disebabkan oleh fitur Doze yang mampu membuat Nexus 5 nyaris mati. Saat ponsel kita dibiarkan tanpa aktifitas dalam waktu yang lama, maka ponsel akan secara otomatis masuk ke dalam modus Doze.