Sebuah organisasi bernama Portal Communications baru-baru ini dilaporkan mengajukan tuntutan hukum terhadap Apple atas dugaan pelanggaran tiga paten terkait dengan sistem suara bahasa alami – teknologi yang digunakan oleh produsen iPhone di asisten virtual Siri.

Menurut situs teknologi AppleInsider, dalam pengarsipannya di Pengadilan Distrik Texas Timur, Portal Communications mengatakan bahwa ketiga paten terkait ditemukan oleh Dave Bernard, CEO perusahaan teknologi The Intellection Group. Semua paten yang berjudul “sistem query bahasa multimodal natural dan arsitektur untuk memproses permintaan berbasis suara,” dipindahkan dari The Intellection Group ke Portal Communications pada bulan Januari.

Perusahaan tersebut menuduh Apple melanggar setiap hak paten, karena asisten suara mampu memahami – atau berusaha memahami – kueri bahasa alami dan memberikan jawaban.

Keluhan Portal Communications menargetkan semua model iPhone dan iPad, komputer Mac yang dirilis dari tahun 2009, iPod touch, Apple Watch Series 3, Apple TV generasi keempat, Apple TV 4K dan HomePod.

Apple membeli Siri pada tahun 2010 dan mengintegrasikannya ke dalam produknya yang pertama iPhone 4S pada tahun 2011 – hampir tiga tahun setelah salah satu paten diberikan. Perusahaan memperluas kemampuan asisten suara ke perangkat lainnya, termasuk iPad, Mac, Apple Watch dan speaker HomePod yang cerdas.

Setiap paten menangani metode penguraian kueri dari pola bahasa alami ke dalam perintah yang dapat diuraikan mesin dalam bentuk suara atau teks. Ini juga menjelaskan metode permintaan pemrosesan lebih lanjut menggunakan data lokasi GPS, atau informasi kedekatan lainnya, untuk menyediakan konteks dan lingkungan.

Apple belum bersedia memberikan komentar terkait gugatan yang ditujukan padanya.