Tech News

Diam-diam Google Membasmi 700-ribu Aplikasi Nakal Di Play Store Selama 2017

Secara diam-diam, ternyata Google telah menghapus lebih dari 700.000 aplikasi Android di Google Play Store. Angka ini tercatat meningkat sebesar 70% dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.  Laporan ini dirilis oleh pihak ke-tiga yang mana sebelumnya di bulan Desember 2016 persahaan besar ini menyimpan 2,6 juta aplikasi dan di tahun berikutnya tercatat ada 3.5 juta yang tersimpan di sini.

Nyatanya, pihak Google tidak asal saja menghapus ratusan ribu aplikasi ini dalam setahun. Ada beberapa indikator yang membuat aplikasi ini tidak layak berada di Playstore. Pertama, aplikasi kebanyakan adalah hasil contekan atau biasa dikenal dengan copycat. Bahkan menurut perwakilan Google sendiri, tercatat kalau mereka sudah menghapus sebanyak 250.000 aplikasi copycat.

Aplikasi-aplikasi yang dihapus ini juga mengandung konten negatif, seperti kekerasan ekstrem, pornografi, hate speech hingga hal-hal ilegal dan tidak layak dikonsumsi oleh user. Sepanjang 2017 lalu, sudah puluhan ribu aplikasi yang mampang di Google Play Store telah disapu bersih.

Di samping itu, banyak juga aplikasi yang mengandung malware seperti trojan dan yang berpotensi mengundang SMS penipuan sehingga merugikan pengguna, seperti pencurian data pribadi misalnya.  Banyaknya aplikasi tak layak ini tidak lain karena Android menjadi sistem operasi paling dominan di dunia, sehingga tidak mengherankan kalau sering menjadi target kejahatan cyber. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store ini bisa dijadikan mesin uang.