Home » Sains » Dengan Smart Window Anda Tidak Akan Kepanasan Walaupun Cahaya Matahari Memenuhi Ruangan

Dengan Smart Window Anda Tidak Akan Kepanasan Walaupun Cahaya Matahari Memenuhi Ruangan

smart-window
Smart Window (Gambar : Lawrence Berkeley National Laboratory)

Jatimtech.com – Tim peneliti dari Cockrell School of Engineering Universitas Texas sedang mengembangkan jendela anti panas. Jendela yang disebut dengan Smart Window ini diyakini mampu menahan energi panas matahari terutama di siang hari. Tidak hanya itu, Smart Window juga mampu mengumpulkan cahaya matahari agar dapat memenuhi ruangan, seperti yang dilansir dari GizMag (24/7/2015).

Salah satu fungsi jendela adalah melindungi kita dari terik matahari. Hampir semua bangunan memiliki jendela, bahkan gedung-gedung pencakar langit memiliki banyak jendela di beberapa sisi bangunannya. Namun kebanyakan dari gedung tinggi tersebut menggunakan AC (air conditioner). Dengan harapan dapat mengurangi panas yang berasal dari luar. Namun dengan adanya Smart Window, mungkin tidak lagi dibutuhkan AC. Karena jendela pintar ini mampu membuat sebuah ruangan menjadi dingin.

Walaupun demikian, Smart Window masih memiliki kekurangan. Cahaya matahari yang masuk dan energi panas matahari hanya dapat digunakan secara bergantian. Artinya, jika kita ingin energi panas matahari mampu menembus ruangan, maka kita tidak akan mendapatkan cahaya. Karena jendela Smart Window ini memblokir cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Begitu juga sebaliknya, jika kita ingin ruangan tetap dingin, maka kita bisa mengaktifkan modus dingin Smart Window. Dengan konsekuensi energi panas matahari tidak akan bisa menembus ruangan kita. Mungkin kekurangan inilah yang harus dipikirkan lagi oleh tim peneliti Smart Window.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>