Home » Sains » DARPA Robotics Challenge 2015 Berhadiah 45 Miliar Rupiah

DARPA Robotics Challenge 2015 Berhadiah 45 Miliar Rupiah

darpa-robotics-challenge-2015
darpa robotics challenge 2015 (gambar : bilimclub)

Kompetisi robot DARPA 2015, atau yang dikenal dengan DARPA Robotics Challenge 2015 telah memasuki babak final. Sebanyak 25 tim robot dari berbagai negara mengikuti kontes robot yang diadakan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat yang dikenal dengan DARPA. Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA) memang sudah sering mengadakan kompetisi robot tiap tahunnya. Dan kali ini, DARPA Robotics Challenge 2015 memperebutkan hadiah total senilai lebih dari 45 miliar rupiah.

Pada final DARPA Robotics Challenge 2015 kali ini diikuti oleh 25 tim robot dari berbagai penjuru dunia. Mereka adalah tim robot dari Amerika Serikat yang jumlah pesertanya mencapai separuh dari 25 tim robot. Sedangkan tim robot lainnya berasal dari Jepang (5 tim), Korea Selatan (3 tim), Jerman (2 tim). Sedangkan untuk Italia, Hongkong, dan Tiongkok hanya diwakili masing-masing 1 tim robot saja.

Final DARPA Robotics Challenge 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juni bulan depan. Kompetisi robot DARPA tersebut akan dilangsungkan di Fairplex, Pomona, California, Amerika Serikat. Rencananya kontes robot DARPA ini akan dibuka untuk umum, jadi semua orang bisa datang langsung ke Fairplex untuk menyaksikan serunya kompetisi robot.

Sebenarnya, kompetisi robot yang diselenggarakan DARPA ini terinspirasi oleh bencana nuklir di Fukushima, Jepang. Bencana nuklir yang terjadi pada tahun 2011 itu menimbulkan bencana tsunami. Akibatnya, banyak bangunan runtuh dan korban yang berjatuhan. Pada saat terjadinya bencana nuklir itu, beberapa pekerja berusaha mencegah ledakan bertambah besar dengan menutup katup mesin. Namun hal tersebut justru menimbulkan banyak korban berjatuhan. Oleh karena itu, DARPA berinisiatif untuk menggunakan robot dalam menanggulangi bencana yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.