Home » Tech News » Dampak Kecanduan Smartphone bagi Otak

Dampak Kecanduan Smartphone bagi Otak

Kecanduan Bermain Ponsel
Kecanduan Bermain Ponsel

JATIMTECH.com – Di era digital seperti contohnya seperti sekarang ini, jarang sekali ada orang yang bepergian keluar rumah tanpa membawa perangkat smartphone miliknya. Bahkan, jika diungkapkan, kebanyakan orang akan merasa risih, merasa ada sesuatu yang kurang jika mereka bepergian ke luar rumah tanpa membawa smartphone.

Akan tetapi, tahukan Anda jika sebenarnya kecanggihan teknologi yang ditawarkan dari berbagai macam perangkat smartphone tersebut tidak sepenuhnya selalu baik? Awalnya memang banyak yang tidak menyadari, akan tetapi setelah adanya studi di Amerika Serikat menyebutkan jika 50% populasi masyarakat tidak bisa hidup tanpa adanya smartphone, hal ini mendadak menjadi suatu masalah yang penting. Ilmuwan sangat heran dan ingin tahu lebih lanjut apa dampak yang diberikan smartphone kepada tubuh kita, khususnya pada otak.

Menurut dari seorang psikolog yang bernama Sherry Turkle, dengan adanya sifat adiktif yang dimiliki oleh seseorang terhadap smartphone, maka orang tersebut nantinya menjadi intoleran terhadap suatu suasana kesendirian. Sherry Turkle juga menyebutkan jika dengan adanya ketergantungan yang berlebih terhadap smartphone, maka otak pengguna menjadi sangat membutuhkan rangsangan yang cukup konstan, dan mungkin, hal ini adalah salah satu perubahan yang cukup berbahaya yang terjadi di dalam otak pengguna.

Mengapa bisa dikatakan berbahaya? Karena hal ini terkait dengan pengambilan keputusan penting di dalam hidup seseorang tersebut. Semakin seseorang terjangkit dengan yang namanya teknologi, maka otak dari pengguna tersebut menjadi lebih sulit untuk fokus serta lebih sulit tenang. Padahal, 2 hal tersebut yang memang dibutuhkan oleh manusia untuk mengambil suatu keputusan yang penting di dalam hidupnya. Koneksi kita tentang adanya teknologi, semakin melenyapkan kemampuan kita untuk selalu bersikap fokus. Dengan terhubungnya seseorang dengan smartphone setiap waktu, maka kemampuan otak orang tersebut seakan tidak sepenuhnya berhubungan dengan kesadaran yang mereka miliki, serta juga tidak termotivasi untuk bersikap lebih rasional.

Hal ini bukan merupakan sebuah hal yang mengerikan, karena kecanduan akan smartphone ini tentunya bisa diatasi. Meskipun tentu hal ini sulit karena teknologi yang semakin maju dan memberikan dampak yang lebih di kehidupan manusia.

Written by
Become a Content Writer in JATIMTECH.com (2016). Study at University of Muhammadiyah Purwokerto (Informatics Engineering).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>