Sains

Cincin Pintar (Smartring) Ala Samsung

JATIMTECH.com – Samsung memang perusahaan besar yang menjadi salah satu perusahaan penggerak inovasi teknologi di abad 21 ini. Bersama dengan Apple, Microsoft, Google, dll sepak terjang Samsung memang dirasa sangat berpengaruh bagi perkembangan teknologi.

Beberapa bulan yang lalu Apple mengeluarkan produk Apple Watch, sekarang tidak mau kalah Samsung pun juga ikut-ikutan mematenkan produknya yang diberi nama Smart Ring. Beberapa hari yang lalu dikabarkan Samsung mengajukan paten baru ke US Paten & Trademark Office. Kali ini bukan smartphone, smartband ataupun smartwatch, melainkan pengajuan paten untuk cincin pintar (smartring).

smartringsamsung (Gambar: aliexpress.com)
smartringsamsung (Gambar: aliexpress.com)

Seperti yang kami himpun dari Android Authority, Rabu (30/12/2015) bahwa paten yang diajukan oleh Samsung mengungkapkan potensi cerdasyang diberikan oleh sebuah cincin yang dimana dapat dikenali oleh smartphone. Dan dilengkapi dengan beberapa menu untuk fungsi-fungsi dasar dari cincin tersebuat dalam mengendalikan sebuah benda.

Smartring ini dapat digunakan untuk navigasi menu yang lebih kompleks dengan menawarkan lebih banyak lagi fungsi, antara lain mengubah saluran televisi, radio mematikan lampu dan menaikkan tirai. Bahkan yang lebih kerennya lagi cincin pintar tersebut dapat terkoneksi ke jejaring sosial seperti Facebook, dll. Intinya benda-benda ini tadi harus sudah terintegrasi terlebih dahulu dengan sistem smarthome milik pengguna.

Sekedar informasi, perusahaan asal Korea Selatan ini sebenarnya bukanlah perusahaan yang pertama kali mengajukan paten cincin pintar. Sebelumnya sudah ada jajaran perusahaan raksasa seperti Apple, Google dan Microsoft juga sudah mematenkan teknologi dibidang yang serupa.