Chip Atom X3 untuk IOT Resmi Diluncurkan

Pada hari Rabu kemarin, Intel mendemonstrasikan chip atom X3 untuk IOT. Mereka mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya bagi Intel. Chip atom X3 untuk IOT ini dibangun dengan kemampuan 3G dan LTE. Untuk kemudian dapat digunakan pada perangkat IOT (internet of things).

Sebagai raksasa pembuat chip, Intel memulai demonstrasinya pada sebuah event di Cina. Intel Developer Forum yang diadakan di Shenzhen, Cina. Chip atom X3 untuk IOT ini keluar dengan nama kode X3 SoFIA. Chip ini dikeluarkan pertama kali pada Mobile World Congress (MWC) Februari lalu. Pada MWC, chip atom X3 untuk IOT ini digunakan untuk tablet murah, ponsel murah dan phablet. Dengan harga $ 200 atau setara dengan Rp 2.500.000.

Intel mengatakan bahwa ODMs (original design manufactures) sedang merancang sebuah produk berbasis pada Intel Atom X3 C3230RK quadcore prosesor. Chip atom X3 ini desainnya merupakan referensi dari Rockchip. Diharapkan chip atom X3 untuk IOT dapat dikeluarkan di pasaran pada pertengahan tahun.

Menampilkan prosesor atom X3 pertama kalinya untuk smartphone. Didukung konektivitas LTE TDD via China Mobile. Intel mengumumkan bahwa sekitar 20 produsen sedak memproduksi chip atom X3 untuk IOT ini. Dengan prediksi awal sebanyak 45 tablet, smartphone dan phablet akan menggunakan chip atom X3 untuk IOT.

Brian Krzanich selaku CEO Intel mengatakan bahwa hubungan Intel dan Cina memang terjalin cukup baik selama ini. Intel meneruskannya pada event Internet Developer Forum di Cina. Hal ini dilakukan untuk menembak pasar Cina yang semakin hari, semakin pesat perkembangannya.

Sumber : asia.pcmag

DON'T MISS

Tulis Komentar