Home » Internet » Cyber Life » China Dituding Matai-Matai Negara-Negara ASEAN Termasuk Indonesia

China Dituding Matai-Matai Negara-Negara ASEAN Termasuk Indonesia

China Asean

Siapa yang tak kenal dengan China. Urusan retas-meretas, hacker yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini bahkan dikenal oleh orang yang gagap teknologi sekalipun. Sementara pemerintahannya dikenal ketat terhadap sensor internet, terutama yang membahayakan pemerintahan yang berkuasa di negara itu.

Terkait hal ini, China lagi-lagi dituding melakukan aksi mata-mata. Tujuannya bukan Amerika Serikat yang menjadi musuh bebuyutannya, melainkan Asia Tenggara atau ASEAN. Negara-negara yang menjadi sasaran mata-mata China adalah Singapura, India, Malaysia, Vietnam, Thailand, Nepal, Filipina tak terkecuali Indonesia juga masuk dalam daftar negara yang telah dimata-matai oleh China.

Memang tidak ada bukti nyata kalau aksi ini dilakukan oleh pemerintah China, namun petunjuk yang ditemukan selama ini mengarah ke China dan seluruhnya ditulis dalam bahasa China dengan serangkaian kode yang dikembangkan oleh developer China, dan domain yang juga terdaftar dari perusahaan teh dan pedesaan di China. Bukti-bukti ini telah berhasil dikumpulkan oleh FireEye yang disampaikan oleh Chief Technology Officer FireEye wilayah Asia Pasifik, Bryce Boland.

Serangan cyber ini sendiri dilakukan pada tahun 2005 lalu. Negara yang dijadikan target mata-mata China merupakan negara yang memiliki kaitan dengan isu kawasan Asia, ekonomi, politik, dan militer. Termasuk wilayah-wilayah yang disengketakan yang memiliki diskusi terkait legitimiasi Partai Komunis China.

Aksi mata-mata yang dilakukan China sebenarnya menyulitkan China itu sendiri. Isu mata-mata yang dituduhkan terhadap China membuat perusahaan-perusahaan asal China kesulitan mengekspansi bisnisnya. Huawei misalnya, dituding melakukan aksi mata-mata oleh Amerika Serikat yang menyebabkan Huawei harus hengkang dari Negeri Paman Sam.

Written by
It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity - Albert Einstein

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.