Home » Sains » Chalcogenide Ini Adalah Kaca yang Mudah Ditekuk

Chalcogenide Ini Adalah Kaca yang Mudah Ditekuk

Seorang asisten profesor di MIT (Massachusetts Institute of Technology), Amerika Serikat berhasil menemukan unsur material kaca yang sangat unik. Material kaca ini sangat mudah ditekuk bahkan dilipat-lipat. Adalah Juejun “JJ” Hu yang menemukan unsur material kaca yang disebut Chalcogenide. Saat ini Juejun adalah seorang asisten dari Merton C. Fleming, yang merupakan profesor di Material Science and Engineering di MIT.

Metrial kaca yang bisa ditekuk ini merupakan jenis kaca khusus. Jenis kaca ini nantinya akan digunakan mempercepat integrasi perangkat fotonik dan elektronik. Dengan fungsi yang beragam seperti transfer data dan kimia penginderaan, memungkinkan Chalcogenide dapat diterapkan pada beberapa perangkat elektronik.

Melihat dari fleksibilitas kaca, mengingatkan kita pada teknologi graphene yang digunakan pada produk ponsel. Teknologi ini memungkinkan ponsel untuk ditekuk, atau bahkan digulung. Serupa tapi tak sama, karena material yang digunakan pada teknologi graphene tentunya berbeda dengan kaca yang bisa ditekuk ini.

Chalcogenide ini seperti kaca biasa dengan tekstur yang rapuh. Artinya, kaca ini juga dapat pecah jika dihancurkan.  Tapi Juejun Hu dan rekannya mengembangkan cara untuk mengatasinya. Sehingga memungkinkan kaca Chalcogenide yang sangat tipis dapat diterapkan pada perangkat fotonik seperti resonator microdisk fleksibel dan perangkat dengan lapisan polimer yang lembut dan kaku. Juejun dan rekannya telah melakukan ujicoba pada Chalcogenide dengan menekuknya berkali-kali. Hasilnya, kaca ini masih bisa kembali dalam bentuk semula, tanpa kerusakan apapun.

Sumber : R&D Magazine