Tech News

CEO Tumblr, David Karp Mengundurkan Diri

Pendiri Tumblr, David Karp pada hari Senin mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan platform blogging yang hampir berusia 11 tahun itu. Kepergian Karp secara kebetulan tak lama setelah pengambil-alihan perusahaan induknya, Yahoo oleh Verizon.

Karp mengatakan bahwa dia akan pergi pada akhir tahun ini dan chief operating officer Jeff D’Onofrio akan menggantikannya di Tumblr.

“Saya mohon agar Anda mengerti bahwa keputusan ini saya buat setelah dipikirkan selama berbulan-bulan, dan besar harapan saya Tumblr akan semakin berkembang di masa depan,” katanya dalam sebuah salinan surat kepada karyawan yang dia posting online

Karp mendirikan Tumblr di New York pada awal 2007 sebagai platform di mana orang bisa berbagi tulisan singkat dan media. Kini, Tumblr mempunyai sekitar 380 juta blog yang berbeda.

“Kami membuatnya menjadi sangat sederhana bagi orang-orang untuk membuat blog dan menaruh apa pun yang mereka inginkan di dalamnya. Artikel, foto, GIF, acara TV, tautan, gurauan, lelucon bodoh, lelucon lucu, trek Spotify, MP3, video, fashion, seni, dan lain-lain.”

Yahoo mengakuisisi Tumblr pada bulan Mei 2013 seharga $ 1,1 miliar, sebagai bagian dari upaya untuk lebih terhubung dengan pengguna berusia muda.

Sementara itu, Verizon yang membeli merek Yahoo membuat kebijakan memangkas beberapa ratus pekerjaan sebagai bagian dari pengaturan ulang organisasi. Pemangkasan itu tersebut mewakili “kurang dari empat persen” dari total pekerja yang menurut perhitungan akan mencapai angka 12.000, menurut sumbernya.

Meskipun melakukan berbagai penyesuaian, Verizon sejauh ini tetap mempertahankan merek Yahoo, yang memiliki sekitar satu miliar pengguna di seluruh dunia di platform email, berita, dan layanan lainnya.