Home » Software » Cegah Penyadapan, Rusia Buat OS Sendiri

Cegah Penyadapan, Rusia Buat OS Sendiri

Ancaman penyadapan bisa dilakukan oleh dan kepada negara mana saja di dunia ini. Meskipun mayoritas penyadapan masih lebih sering dilakukan oleh negara adidaya seperti Amerika Serikat. Atas alasan itu, Menteri Komunikasi Nikolai Nikiforov mewakili Pemerintah Rusia berusaha untuk mencegah negara lain memata-matai negaranya melalui perkembangan teknologi saat ini.

Salah satu cara yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Rusia adalah dengan membuat sendiri sistem operasi milik mereka sendiri. Dalam upayanya ini, pemerintah Rusia seperti dilansir dari PhoneArena (19/05/2015) bekerjasama dengan Jolla, perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia yang juga mengembangkan sistem operasi Sailfish. Kerjasama ini akan mengembangkan sistem operasi baru yang berbeda, namun dengan basis yang sama seperti Sailfish.

Rusia pun berharap agar negara-negara lain juga ikut berpartisipasi dalam membangun OS ini. Beberapa negara yang diharapkan ikut bergabung adalah Brazil, India dan Afrika Selatan. Terlebih saat buronan Amerika Serikat, Edward Snowden mengklaim bahwa Amerika Serikat memiliki cara untuk memata-matai banyak negara yang ada diseluruh dunia melalui sistem operasi.

Jolla sendiri meski berbasis di Finlandia, perusahaan ini sebenarnya merupakan kerjasama antara Finlandia, Tiongkok dan Rusia. Hal ini telah diungkap Nikiforov melalui akun Twitter pribadinya. Rusia sendiri 95% sistem operasi yang ada di Negeri Beruang Putih itu merupakan OS yang dibuat dari negara lain seperti Android dan iOS. Dengan lahirnya OS yang belum memiliki nama ini, Angka itu diharapkan bisa menurun pada tahun 2025 hingga 50%.