Home ┬╗ Tips & Trik ┬╗ Cara Merawat Layar Monitor dengan Mengenali Tipenya

Cara Merawat Layar Monitor dengan Mengenali Tipenya

Monitor
Monitor

JATIMTECH.com –┬áKomputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang telah sebagian besar dimiliki oleh orang-orang di dunia. Barang elektronik ini dibeli untuk penggunaannya yang dalam jangka panjang. Maka dari itu, bagi Anda harus dari sekarang mulai merawat komputer tersebut dengan sebaik mungkin.

Hal yang paling mendasar, monitor komputer terbagi ke dalam 2 jenis, yakni jenis pertama merupakan model lama, seperti televisi di zaman dahulu, sementara jenis yang kedua merupakan model terbaru dengan modelnya yang datar.

Tipe Layar Monitor

1. Monitor CRT
Monitor CRT atau kepanjangannya adalah Cathode Ray Tube ini memiliki bentuk yang cukup mirip dengan televisi pada zaman dahulu. Model CRT ini dengan cara memancarkan elektron ke layar berpendar guna menghasilkan suatu gambar. CRT ini seringkali digunakan sebagai istilah yang paling umum dalam monitor komputer.

Monitor CRT ini kadang digambarkan oleh pengiklan sebagai “flat screen” monitor. Akan tetapi, bukan berarti jika layar datar itu dinamakan dengan model CRT. Bagi kebanyakan monitor, bagian CRT telah dihapuskan sementara itu tidak dijual pada komputer jenis baru.

2. Monitor Flat Panel
Monitor dengan model datar ini adalah salah satu evolusi terbaru yang dimiliki oleh komputer. Telah banyak perkembangan teknologi yang cukup menakjubkan sepanjang waktunya, akan tetapi, dalam hal ide dasar memang hampir sama. Tidak hanya bagi komputer, akan tetapi, monitor dengan model terbaru ini juga biasa digunakan pada televisi masa kini.

Cara Merawat Monitor

1. Hindarilah Makan dan Minum
Jangan pernah Anda melakukan kegiatan makan maupun minum di depan komputer Anda. Monitor dalam hal ini akan bereaksi dengan cepat terhadap suatu cairan atau remah-remah dari makanan tersebut. Hal ini tentu bisa menyebabkan layar komputer bisa menjadi cepat rusak.

2. Jangan Menekan Layar
Jangan pernah lagi Anda lakukan hal ini apalagi layar komputer Anda memiliki model flat panel. Layar komputer tidak terbuat dengan berbahan dari kaca, melainkan terbuat dari plastik dan dengan menekan, Anda bahkan bisa merusak monitor tersebut.

Di dalam model CRT, mungkin Anda tak akan merusak layar yang terbuat dari kaca tersebut, akan tetapi, tangan Anda yang meninggalkan bekas noda yang menyebalkan.

3. Jauhkan Magnet dari Monitor
Bukan menjadi salah satu rahasia umum jika magnet mampu merusak barang-barang elektronik. Sebaiknya, Anda jauhkan magnet apapun dari semua perangkat elektronik milik Anda, atau jika tidak menjauhkannya, jangan menyesal jika perangkat Anda nanti akan mudah rusak.

4. Gunakanlah Tisu
Jika layar monitor komputer Anda kotor, coba untuk membersihkan dengan menggunakan permukaan yang lembut, seperti contohnya tisu atau handuk. Jangan pernah gunakan pembersih apalagi menggunakan cairan yang basah.

Written by
Become a Content Writer in JATIMTECH.com (2016). Study at University of Muhammadiyah Purwokerto (Informatics Engineering).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>