Tips & Trik

Cara Menyimpan Bitcoin Secara Offline dangan Metode Cold Storage

Nilai Bitcoin memecahkan rekor harganya sendiri tanpa henti selama beberapa bulan terakhir, dengan nilai kripto yang naik lebih 200 juta per koinnya. Pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya – hampir 10 kali sejak awal 2017 – telah membuat Bitcoin menjadi pusat perhatian dunia.

Cara yang paling mudah untuk menyimpan Bitcoins adalah dengan menggunakan dompet online, yang memungkinkan Anda dengan cepat mentransfer uang masuk dan keluar dari dompet, atau mengubah Bitcoin menjadi kripto alternatif seperti Ethereum, Monero, Litecoin, dan lainnya. Tapi pilihan teraman adalah menyimpannya dengan metode bernama ‘cold storage’, yaitu menyimpan Bitcoins secara offline dari akses Internet manapun. Ini sangat penting jika Anda memiliki Bitcoin dalam jumlah besar.

Berikut cara penyimpanan Bitcoin dengan metode cold storage:

Paper Wallet

Cara termudah untuk menyimpan Bitcoins secara offline Anda adalah dengan menggunakan kertas dan printer. Anda juga bisa memanfaatkan situs web yang memungkinkan Anda membuat alamat Bitcoin offline, seperti Bitcoin.com atau Bitaddress.org. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat dompet kertas Bitcoin:

  • Pergilah ke dompet kertas Bitcoin.com atau halaman Bitaddress.org.
  • Simpan halaman secara lokal ke komputer Anda sebagai file HTML.
  • Selanjutnya, tutup halaman dan putuskan komputer Anda dari Internet.
  • Bukalah dompet kertas Bitcoin.com atau Bitaddress.org secara lokal
  • Ikuti petunjuk pada halaman untuk membuat alamat Bitcoin baru.
  • Begitu Anda memiliki sepasang kunci dan kode QR, cetaklah halamannya. Pastikan printer Anda tidak terhubung ke Internet untuk keamanan tambahan.

Anda sekarang dapat menggunakan alamat umum / kode QR baru untuk mentransfer Bitcoin dari dompet online lainnya.

Halaman cetak adalah dokumen paling berharga untuk investasi Bitcoin Anda. Sebaiknya Anda menyimpan halaman cetak di wadah yang tahan air dan api, seperti brankas. Jika tidak ada, buat beberapa versi dan berikan untuk disimpan bersama keluarga yang Anda percayai.