Tips & Trik

Cara Menghemat Kuota 4G LTE di Smartphone Android

Jaringan internet 4G LTE memang memberi kemudahan bagi pengguna smartphone Android atau IOS karena kecepatan akses internetnya. Browsing apa pun serasa lebih cepat, bahkan saat Anda membuka youtube. Akses internet yang sangat cepat ini sering bikin kita terlena dan tiba-tiba paket data Anda habis. Untuk Anda yang sedang ingin hemat, coba lakukan beberapa Cara Menghemat Kuota 4G LTE di Smartphone Android ini.

1. Pakai Browser yang Paling Ringan

Selain browser bawaan yang tersedia pada masing-masing smartphone, ada aplikasi browser lain yang aksesnya paling ringan dan bisa menghemat data. Langsung saja cari aplikasi browser paling ringan di Playstore.

2. Matikan Update Otomatis di PlayStore

Supaya paket data Anda tidak cepat habis, Anda bisa menon-aktifkan update otomatis aplikasi-aplikasi dari Google Play Store. Atau jika ingin tetap ada update, lakukan saat smartphone terhubung dengan wifi.

3. Matikan Sinkronisasi data

Yang termasuk dalam sinkronisasi data biasanya adalah akun email, media sosial, dan chat. Untuk melakukan sinkronisasi data, tentu membutuhkan koneksi internet. Untuk itu, matikan sinkronisasi data untuk aplikasi-aplikasi yang jarang terpakai.

Cara Menghemat Kuota 4G LTE di Smartphone Android

4. Batasi Penggunaan data harian

Pada smartphone Anda, biasanya terdapat fitur pembatasan data. Coba masuk ke fitur tersebut dan tetapkan batas data harian, misalnya hanya 20 MB/hari. Jika sudah mencapai batas tersebut, biasanya smartphone Anda akan memberikan peringatan.