Home » Tips & Trik » Cara Menghemat Baterai di Windows 10

Cara Menghemat Baterai di Windows 10

Sebagai sistem operasi baru, Windows 10 disebut sebagai OS yang sempurna dan menawarkan banyak fitur baru. Tetapi, di balik itu semua ada hal yang juga dikorbankan, bahwa Windows 10 juga makin butuh dukungan baterai yang baik.

Anda yang merasa laptopnya makin cepet haus baterainya, kemungkinan memang karena berbagai fitur baru yang dihadirkan oleh Windows 10. Tapi, jangan cepat membuat kesimpulan salah, karena Windows 10 juga punya fitur untuk menghemat baterai perangkatnya.

Battery Saver

Cara menghemat baterai di Windows 10 yang paling mudah dan efektif adalah dengan menggunakan fitur penghemat daya yang memang disediakan. Battery Saver dan Power Saver di Windows 10 terletak di tempat yang berbeda. Fitur Power saver ada di Control Panel, sedangkan Battery Saver terletak di menu pengaturan Windows 10.

Untuk mengaktifkan Battery Saver, buka Setting – System – Battery Saver.

Cara Menghemat Baterai di Windows 10

Power Saver

Berikutnya, Anda dapat menghemat baterai Windows 10 dengan memilih mode power yang sesuai. Secara default, ada opsi power plan bernama Balance yang merupakan pilihan ideal bagi yang menginginkan keseimbangan antara performa dan daya tahan baterai.

Cara Menghemat Baterai di Windows 10

Mengurangi Pencahayaan

Pencahayaan atau brightness layar termasuk elemen yang memengaruhi daya tahan baterai. Jadi, sederhananya, tips untuk menghemat baterai Windows 10 dapat dengan menyentuh bagian ini, dengan cara mengurangi tingkat pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mengatur tingkat cahaya menggunakan hotkey keyboard yang ada di laptop.