Tips & Trik

Cara Mengatasi Touchwiz Berhenti di Smartphone Samsung

Ketika Anda sedang asyik maemainkan smartphone Anda, tiba-tiba ada pemberitahuan error yang muncul. Pesan eror ini menyampaikan bahwa TouchWiz Depan berhenti. Pesan ini tentu akan sangat mengganggu karena bisa membuat layar smartphone Samsung tiba-tiba gelap (blank). Nah, untuk mengatasi hal ini, silahkan melakukan 4 hal ini.

1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi TouchWiz Home

Cara Mengatasi Touchwiz Berhenti di Smartphone Samsung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah hentikan paksa dan hapus data aplikasi ini. Dengan menggunakan cara ini, pengaturan TouchWiz akan kembali ke default dan data sampah pun akan hilang. Smartphone pun bisa normal kembali.

2. Install Launcher

Untuk mendukung fitur TouchWiz, silahkan install aplikasi launcher dari Google Play Store. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah TouchWiz Depan yang tiba-tiba berhenti. Untuk smartphone Samsung, Anda bisa memilih launcher gratis seperti Galaxy Launcher, S Launcher, dan lainnya.

3. Reboot Smartphone

Setelah menghapus data TouchWiz, menginstall Launcher, selanjutnya reboot smartphone Anda dengan mematikan smartphone. Cabut baterai, kartu SIM, kartu memori dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, pasang kembali dan hidupkan ponsel smartphone Anda.

4. Factory Reset

Cara Mengatasi Touchwiz Berhenti di Smartphone Samsung

Jika tiga cara di atas tidak mempan untuk mengatasi masalah TouchWiz, langkah terakhir adalah melakukan factory reset smartphone Android. Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menut Pengaturan > Akun > Cadangkan dan Reset. Setelah itu, smartphone akan kembali ke pengaturan pabrik.