Home » Tips & Trik » Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

Untuk memastikan smartphone bisa berjalan dengan lancar, smartphone Android membutuhkan space RAM yang cukup. Jika space RAM tidak mencukupi, smartphon Android Anda bisa lemot. Smartphone lemot tentu sangat menjengkelkan. Nah, sialnya ada beberapa ponsel yang RAMnya cepat penuh. Ini tentu sangat menjengkelkan. Atasi RAM cepat penuh dengan beberapa cara Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh berikut ini.

1. Hentikan Aplikasi

Meskipun tidak digunakan, aplikasi pesan chat tetap berjalan di belakang layar. Aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar ini tetap berpengaruh pada penyimpanan RAM. Oleh karena itu, hentikan aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai. Untuk menghentikan paksa, masuk ke “Pengaturan > Aplikasi > Berjalan > Nama Aplikasi > Force Stop.

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

2. Pindahkan Aplikasi ke Aksternal Card

Selain menyelamatkan RAM, memori internal juga harus diselamatkan. Karena antara RAM dan Memori internal tetap saling berhubungan. Nah, pindahkan aplikasi yang awalnya tersimpan di memori internal ke memori eksternal. Caranya cukup buka Pengaturan > Aplikasi > Unduhan > Nama Aplikasi > Pindahkan ke Kartu SD.

Cara Mengatasi RAM Android yang Cepat Penuh

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Supaya RAM android tidak cepat penuh, nonaktifkan saja aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan memang tidak bisa dihapus, tetapi setidaknya Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut sehingga tidak membuat RAM cepat penuh. Caranya cukup mudah. Buka Pengaturan > Aplikasi > Unduhan > Nama Aplikasi Bawaan > Nonaktifkan.