Tips & Trik

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Jalan-Jalan Sendiri

Smartphone Android saat ini didominasi dengan layar sentuh. Smartphone tanpa tombol ini bukan berarti terhindar dari masalah. Beberapa kali ditemukan masalah layar smartphone bergerak-gerak sendiri. Tenang, ini bukan masalah yang berat. Cukup ketahui penyebabnya dan atasi sesuai dengan penyebabnya.

1. Charger Sudah Rusak

Apakah smartphone Anda bergerak-gerak sendiri saat dicharger? Ini berarti charger Anda sudah mulai rusak atau charger tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone Oleh karena itu, pastikan Anda mencharger smartphone dengan charger ORI atau charger yang masih dalam kondisi bagus.

2. Baterai lemah

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Jalan-Jalan Sendiri yanag kedua adalah dengan mengisi ulang baterai. Pasalnya, baterai yang hampir habis juga bisa menjadi penyebabkan layar bergerak sendiri. Solusinya cukup mudah. Sebelum baterai pada posisi 20%, sebaiknya segera lakukan pengisian baterai supaya tidak terjadi masalah ini.

3. Smartphone Terlalu Panas

Setelah menggunakan smartphone selama berjam-jam, layar bisa saja eror dan bergerak sendiri. Ini pertanda bahwa Anda harus berhenti menggunakan smartphone. Matikan beberapa saat smartphone Anda. Setelah itu, nyalakan kembali.

4. Touchscreen rusak

Jika Anda sudah merestart smartphone Anda, tetapi layar Anda masih bergerak-gerak sendiri, kemungkinan besar kesalahannya ada pada sistem touchscreennya. Jika memang terjadi kerusakan, sebaiknya Anda bawa ke service center terdekat.

5. Factory Reset

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Jalan-Jalan Sendiri

Jika Anda ingin mencoba cara lain untuk mengatasi masalah ini, silahkan lakukan factory riset. Cara ini bisa membuat smartphone kembali ke posisi awal.