Bagaimana jika Anda ingin memindah data ke Laptop, tetapi smartphone Anda malah tak terbaca? Sudah coba berkali-kali tetap tak bisa terbaca juga. Nah, masalah semacam ini mungkin seringkali dialami oleh sebagian besar pengguna Android. Coba lakukan beberapa hal ini untuk mengatasi Hp android yang tidak terbaca di laptop.

1. Restart Laptop dan Smartphone

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah restart laptop dan smartphone supaya boot keduanya kembali berjalan dengan normal. Kalau perlu, cabut juga baterai smartphone Anda, simcard, dan kartu memori. Diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali. Tancapkan kabel USB dan hubungkan smartphone ke laptop.

2. Bersihkan Chache pada laptop

Terkadang, chache yang terlalu menumpuk di laptop membuatnya jadi lemot. Bersihkan dulu chache serta riwayat story, lalu restart laptop Anda. Setelah itu, hubungkan smartphone menggunakan kabel data.

Cara Mengatasi Hp Android Tidak Terbaca di Laptop

3. Ubah Port

Di dalam satu laptop biasanya tersedia beberapa port USB. Jika smartphone Anda tidak terbaca di satu port, maka coba pindahkan ke port lainnya. Bisa saja port yang satu kurang pas pada kabel USB-nya atau portnya memang bermasalah.

4. Gunakan Kabel USB lain

Bisa saja kabel USB yang Anda gunakan memang tidak berfungsi untuk mentransfer data. Oleh karena itu, coba pakai kabel USB lain.

5. Ubah Settingan Android

Saat USB tertancap di laptop, ada pilihan seperti SD card, Baterai, dan MTP. Nah, coba ubahlah ke mode Perangkat media.