Semenjak ada kebijakan privasi baru dari WhatsApp, banyak pengguna yang beralih ke aplikasi lain. Salah satu aplikasi ‘pelarian’ dari WhatsApp adalah Signal. Pada Playstore sendiri sudah lebih dari 50 jt unduhan dengan rating 4,6. Banyak yang mengatakan kalau Signal memiliki tingkat keamanan terbaik.

 

Namun, sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mendaftar aplikasi Signal. Akan lebih bagus kalau Anda juga tahu apa itu Signal dan sejarah aplikasi berbagi pesan ini.

Apa itu Signal?

Pada dasarnya signal merupakan aplikasi bertukar pesan yang tidak dikenai biaya alias gratis. Tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, Telegram ataupun Line. Anda bisa mendownload aplikasi Signal di Play Store ataupun App Store.

Anda juga bisa melakukan panggilan suara dan pangilan video selama Signal terhubung dengan internet. Selain itu, Anda juga bisa mengganti foto profil yang mengunggah story seperti pada WhatsApp atau Instagram.

Sejarah singkat aplikasi Signal

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, awalnya aplikasi Signal diluncurkan pada 2013 oleh Moxie Marlinspike. Sedangkan pada 2018, Brian Acton yang merupakan mantan karyawan WhatsApp bergabung dengan Signal dan Beliau menjabat sebagai Chairman Signal Foundation. Brian Acton juga memberikan dana kurang lebih sebedar US$50 juta untuk mendanai aplikasi Signal

Tutorial mendaftar Signal pada Android

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Signal terlebih dahulu. Ada bisa mengunduhnya di sini.

  • Setelah selesai mendownload, Anda bisa membuka aplikasi tersebut dan klik ‘Lanjutkan’

  • Anda juga dianjurkan untuk mengizinkan Signal mengakses kontak, media, dan mengelola pangilan telepon Anda.

  • Langkah berikutnya Anda harus memasukan nomor ponsel Anda yang ingin didaftarkan ke Signal. Lalu tekan ‘Berikutnya’

  • Tunggu hingga Anda mendapatkan kode rahasia yang dikirim Signal ke nomor yang tadi Anda daftarkan. Jika nomer telpon dan Signal dipasang di ponsel pintar yang sama, kode akan terisi sendiri.

  • Setelah memasukan kode, Anda juga mengisikan nama Anda pada langkah berikutnya.

  • Selanjutnya Anda akan diminta memasukan pin yang berupa angka. Fungsi dari ini sebagai resrote jika Anda ingin menginstal ulang Signal Anda.

  • Setelah selesai melakukan langkah di atas, aplikasi Signal Anda sudah bisa digunakan.

Itulah tadi cara atau tutorial mendaftar aplikasi Signal di Android. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Tagged in: