Canon baru saja meluncurkan kamera dengan sensor zoom compact APS-C yang pertama, PowerShot G1 X Mark III. Kamera berdiam dalam tubuh ramping yang hampir mirip dengan kolaborasi antara G1 X Mark II dan G5 X . Canon juga melengkapi kamera barunya dengan autofocus dual-pixel yang cepat dan akurat dengan 2,36 juta OLED electronic viewfinder (EVF).

Berkaca pada desain yang diusung, G1X Mark III secara simultan merupakan evolusi dari jajaran Powershot G1X sekaligus penerus spiritual G5X 2015 . Dengan G1X Mark III, Canon membuang profil datarnya yang digantikan dengan tombol GFX yang terlihat lebih artistik.

Canon PowerShot G1 X Mark III

Meminjam bingkai logam dan plastik G5X yang lebih kecil membuat bobot kamera 150 gram lebih ringan dari G1X Mark II. Namun, G1X baru ini masih menawarkan beberapa upgrade penting dibandingkan yang terakhir, seperti jendela bidik elektronik, yang menggunakan resolusi tinggi layar OLED. G1X Mark III juga memiliki layar sentuh LCD 3 inci yang bisa diputar keluar 270 derajat.

G1X Mark III relatif cepat untuk ukuran kamera compact. Ia mampu memotret 7 frame per detik dengan AF kontinyu dan memiliki Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC untuk menghubungkan kamera ke perangkat pendukung lainnya.

Salah satu sisi negatif yang paling disayangkan adalah hilangnya dukungan resolusi 4K yang sebenarnya jadi area yang banyak digarap oleh produsen kamera papan atas seperti Nikon, Sony dan Fujifilm. Bagi yang berminat, Canon PowerShot G1 X Mark III bisa segera diperoleh dengan banderol $1,299 per unitnya.