Semenjak mengeluarkan kebijakan privasi baru untuk penggunanya, WhatsApp mulai ditinggalkan. Meskipun kebijakan itu baru dijalankan pada 8 Februari 2021, sudah banyak pengguna setia WhatsApp yang sudah pindah ke lain aplikasi. Misalnya, MiChat, WeChat, Line, Kakaotalk, hingga Telegram.

 

Namun, dari sekian banyak aplikasi chat, ada satu aplikasi yang cocok dan bisa dikatakan sebagai ‘pengganti’ WhatsApp. Aplikasi ini adalah Signal. Menurut cnbcindonesia.com, Signal diklaim lebih baik dari WhatsApp hingga Telegram.

Sebelum Anda menginstal Signal, alangkah lebih baik jika Anda mengenal aplikasi Signal terlebih dahulu.

Apa itu Signal?

Rilir pada 2018, Signal merukapan aplikasi perpesanan yang bisa diunduh di Android maupun iOS. Aplikasi ini sendiri didiran oleh Moxie Marlinspike dan foubder WhatsApp, Brian Acton. Tak heran jika beberapa fasilitas yang dimiliki Signal hampir serupa dengan WhatsApp.

Mengapa Memilih Signal?

Dari segi kemanan, Signal lebih unggul dibandingkan dengan WhatsApp ataupun Telegram. Kenapa? Karena aplikasi ini menawarkan fitur keamanan yang menggunakan end-to-end encryption untuk semua fiturnya. Sehingga pihal platfrom atau developer pun tidak bisa melihat isi obrolan pengguna.

Sedangkan untuk mendaftar, Anda tidak menggunakan email atau semacamnya. Anda hanya perlu menggunakan nomor telepon untuk didaftarkan. Ketika melakukan pencarin, Signal hanya mengirim nomor dengan dipotong secara kroptografis. Untuk nama dan informasi lain tidak akan ditranmisi ke dalam server aplikasi.

Fitur lain yang menarik dari Signal adalah fitur screen security, di mana aplikasi tidak akan menampilkan preview di luar aplikasi. Anda juga bisa menggukan pin untuk membuka aplikasi Signal. Anda juga bisa melakukan panggilan biasa maupun panggilan video dengan aplikasi ini.

Kekurangan dari Signal

Setiap apliksi selain memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan atau kelemahannya juga. Apliksi Signal ini hanya bisa menggunakan satu akun saja untuk satu smartphone. Berbeda dengan Telegram yang menggunakan cloud, sehingga pengguna bisa memakai satu akun untuk banyak perangkat.

Link Download

Jika Anda berniat untuk mengunduh aplikasi Signal Anda bisa membuka PlayStore untuk pengguna androin dan AppStore untuk iOS.

 
Tagged in:
, ,