Home » Software » Brillo OS, Operating Sistem Terbaru Google untuk Perangkat Low Powered

Brillo OS, Operating Sistem Terbaru Google untuk Perangkat Low Powered

brillo-os
brillo os (gambar : thehackernews)

Android OS adalah operating sistem berbasis Linux yang dibangun Google untuk smartphone. Awalnya, Android dibangun oleh Android Inc, dengan pembiayaan berasal dari Google. Namun pada tahun 2005 Google secara resmi membelinya, dan merilis Android secara resmi pada tahun 2007. Sekarang, Google rupanya tengah membangun OS baru yang dinamakan Brillo. Sistem operasi terbaru Google ini dikhususkan untuk perangkat smarthome yang low powered. Dengan kata lain, Brillo OS ini dirancang khusus untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah.

Berbeda dengan Android OS yang memiliki spesifikasi minimum 512 MB memori. Brillo OS ini memiliki spesifikasi minimum di bawah 512 MB. Begitu juga dengan obyek yang digunakan, sistem operasi Brillo difokuskan pada perangkat elektronik rumah tangga yang terhubung dengan internet. Operating sistem terbaru Google ini merupakan salah satu pemutakhiran dari IOT (Internet of Things) selain gadget.

Pembuatan Brillo OS ini sebenarnya patut dipertanyakan oleh kita. Karena sebelumnya Google telah menciptakan Android OS yang hingga saat ini masih terus diaplikasikan pada semua smartphone selain iPhone. Dengan spesifikasi rendah untuk perangkat bertenaga rendah, apakah ini merupakan suatu kemunduran?

Ternyata Google memiliki alasan tersendiri tentang pertanyaan tersebut. Google berpendapat bahwa semakin banyak sistem operasi yang dikeluarkan, maka akan semakin banyak pilihan bagi para konsumen dalam menggunakan Internet of Things. Untuk perkenalan lebih lanjut, Google telah mengumumkan bahwa Brillo OS akan mereka publikasikan pada konferensi Google I/O minggu depan di San Francisco.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>