Home » Internet » Mesin Pencari » Breadcrumbs Kini Tersedia untuk Mobile

Breadcrumbs Kini Tersedia untuk Mobile

breadcrumbs
breadcrumbs (gambar : techgoogle)

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia blogging, breadcrumbs bukanlah isitlah asing. Breadcrumbs digunakan untuk mempermudah pengunjung dalam menavigasi pada beberapa kategori yang ada di sebuah blog. Dengan adanya breadcrumbs, Anda dengan mudahnya menelusuri halaman yang ingin dibaca. Tanpa harus membuka halaman satu persatu. Sebuah fitur yang sangat membantu bagi blogger, pengunjung ataupun mesin pencari.

Hari ini, Google mengumumkan pemasangan breadcrumbs pada perangkat mobile. Google menggantikan URL pada situs dengan breadcrumbs untuk mereka para pengguna ponsel. Breadcrumbs akan muncul dengan sendirinya pada hasil pencarian Google, atau yang dikenal dengan SERP. Anda hanya tinggal memasukkan kata kunci (keywords) pada mesin pencari (Google). Hasil pencarian tersebut akan menghasilkan 10 hasil teratas atau yang dikenal dengan page one. Hasil pencarian Goolge secara otomatis menampilkan breadcrumbs berada pada posisi paling atas di SERP. Breadcrumbs ini berwarna hijau, dan memiliki bentuk seperti panah (>).

Sebagai contoh, Anda ingin mengetahui salah satu penulis beserta hasil tulisan di jatimtech.com. Anda bisa memasukkan kata kunci (keywords) pada Google search melalui perangkat mobile Anda. Dengan memasukkan kata kunci “yuliansyah andy”. Dalam hasil pencarian Google (SERP), yang muncul pertama kali (bukan yang teratas) adalah www.jatimtech.com/author/andy. Tulisan tersebut memiliki warna hijau dengan tanda pemisah menggunakan slash (/). Ini adalah hasil yang terlihat jika Goolge tidak menerapkan breadcrumbs pada mobile.

Namun, karena saat ini Google telah menerapkan breadcrumbs pada mobile. Hasil yang muncul dalam pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile tentunya berbeda. Jika Anda mengulang langkah yang di atas dengan menggunakan smartphone, maka hasil yang muncul adalah jatimtech>author>andy. Tulisan tersebut berada di urutan paling atas dengan warna yang sama (hijau). Namun terdapat beberapa perbedaan dari hasil sebelumnya, yaitu tanda panah (>) sebagai pemisah antar kata. Begitu juga dengan URL situs yang tidak lagi terlihat di hasil pencarian tersebut. Ini membuat tampilan hasil pencarian pada smartphone Anda lebih nyaman dilihat dan tentunya lebih mudah dinavigasikan.

Sumber : PCMag Asia

 

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.