Bola Mata Sintetis dengan 3D Bioprinting

0 58

Sebuah studio penelitian di Italia, Mhox EYE sedang melakukan sebuah riset tentang mata buatan. Mereka saat ini sedang mengembangkan bola mata sintetis yang diberi nama EYE. Nama tersebut merupakan singkatan dari Enhance Your Eye, yang artinya tingkatkan matamu. Bola mata sintetis ini merupakan pengembangan dari teknologi 3D bioprinting. Nantinya, EYE akan digunakan untuk mengganti bola mata sesungguhnya.

Bayangkan jika pada suatu saat nanti ada sepasang bola mata yang mudah dipakai dan dilepas. Dengan kemampuan melihat yang lebih tajam dari manusia normal. Bola mata sintetis memang seperti omong kosong belaka. Tapi ini benar-benar ada dan sedang dalam tahap pengembangan. Belum teruji apakah bola mata sintetis ini dapat difungsikan secara tepat, tanpa adanya resiko.

Bola mata sintetis (EYE) ini akan dibuat dalam 3 model. EYE Heal (untuk penyembuhan), EYE Enhance (untuk meningkatkan penglihatan), dan EYE Advance (untuk tingkatan penglihatan lebih lanjut, melebihi manusia normal). Namun Mhox EYE untuk saat ini lebih fokus pada EYE Heal. Rencananya mereka akan mengaplikasikan EYE Heal untuk para tunanetra.

Entah sebuah kemajuan atau hanyalah kontroversi. Yang pasti para peneliti dari Mhox EYE begitu yakin bahwa temuan yang sedang mereka kerjakan akan sangat bermanfaat bagi umat manusia. Namun pihak dari Mhox EYE sendiri malah berharap temuannya akan menjadi sebuah kontroversi besar. Bahkan mereka siap untuk menantang konsep kontemporer alami dan sintetis. Karena jika bola mata sintetis ini memang benar-benar dipasarkan, maka resiko yang harus ditanggung Mhox EYE sangatlah besar.

Sumber : GizMag

DON'T MISS Artikel lain