Home » Internet » Berbekal Laptop, Orang Ini Mampu Belokkan Pesawat Boeing & Airbus

Berbekal Laptop, Orang Ini Mampu Belokkan Pesawat Boeing & Airbus

Seorang pakar keamanan dari perusahaan One World Labs bernama Chris Roberts mengaku telah berhasil meretas sistem komputer pesawat dan sedikit membelokkan pesawat. Hal ini ia lakukan melalui sistem in-flight entertainment (IFE).

Menurut informasi yang dilansir dari The Independent (17/05/2015), dalam melakukan aksinya itu, ia memanfaatkan sistem hiburan yang ada dalam pesawat. Menghubungkan laptopnya ke Seat Electronic Box yang ada dibawah kursi penumpang yang ia duduki, lalu menerobos masuk ke dalam sistem komputer pesawat yang krusial. Dengan menggunakan ID dan password default, ia kemudian menembus sistem Thrust Management Computer yang berperan dalam mengatur daya dorong mesin jet pesawat.

Setelah sistem dikuasai, ia kemudian bisa dengan mudah memberi perintah ke salah satu mesin dan mengaktifkan mode “climb” yang akan memberikan daya dorong mesin jet lebih besar. Akibatnya, daya dorong mesin jet tidak seimbang yang membuat pesawat bergerak menyamping dari jalurnya.

Biro Investigasi Federal AS (FBI) yang menginvestigasi Roberts setelah mengumumkan hasil kerjanya itu di media sosial mengungkapkan bahwa Roberts mampu meretas sistem dalam pesawat Boeing 737, 757, dan Airbus A320 sebanyak 15 hingga 20 kali. Akibat ulahnya itu, ia kini ditahan oleh pihak FBI tak lama setelah ia menebar ancaman melalui akun Twitternya untuk meretas komputer pesawat United Airlines yang ia tumpangi.

Pihak FBI yang menyelidiki pesawat tersebut setelah sampai di Philadelpia menemukan unit Seat Electronic Box yang ada dibawah kursi 2A dan 2B yang diduduki Roberts telah terbuka dan rusak. Ia kini ditahan dan perangkat komputer, hardisk dan gadget lain miliknya disita untuk dijadikan barang bukti.