Sains

Benarkah Anjing Berbagi Makanan dengan Anjing Lain?

JATIMTECH.com – Rachel Dale, Friederike Range, dan rekan, dari Messerli Research Institute di Vetmeduni Wina baru-baru ini menunjukkan bahwa anjing ternyata juga berbagi hadiah makanan dengan anjing lain. Para peneliti menggunakan task bar menarik yang mana anjing berbagi kehidupan terutama jika mereka sudah saling mengenal.

Sebuah studi baru dari tim peneliti yang menggunakan cara yang lebih kompleks untuk mengkonfirmasi perilaku prososial anjing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anjing terus lebih memilih mitranya. Kompleksitas justru meningkat yang mana mempengaruhi kesiapan anjing untuk menyampaikan hadiah makanan kepada hewan mitranya. Penelitian ini kemudian menegaskan bahwa metode yang dipilih mempengaruhi hasilnya dan jauh lebih tergantung pada kedekatan sosial daripada asumsi sebelumnya.

Alih-alih menarik tali, anjing-anjing dalam penelitian ini harus mengenali objek khusus dalam bentuk token untuk memberikan hadiah makanan untuk anjing lainnya. Kali ini para peneliti tidak hanya menguji eksperimental mereka yang berbeda, tetapi juga tingkat kesulitan, jelas Dale. Anjing-anjing itu pertama dilatih untuk menyentuh token dalam pertukaran hadiah makanan untuk diri mereka sendiri kemudian mereka dilatih untuk mengenali dua token untuk mengirim makanan ke anjing mitra lainnya. Tiga percobaan kemudian dilakukan untuk menguji apakah anjing memperlihatkan perilaku prososial bahkan dalam tugas yang lebih kompleks ini dan apakah mereka akan memberikan hadiah makanan untuk pasangannya atau tidak. Para peneliti juga menguji apakah itu membuat perbedaan untuk anjing asing dan untuk memicu perilaku murah hati dari anjing.

Tes set-up terdiri dari dua kandang. Anjing diuji dan dilatih untuk menunggu di lokasi tertentu dalam satu kandang sampai peneliti mengungkapkan papan yang berisi token. Anjing kemudian bisa memilih untuk memberikan hadiah makanan untuk anjing penerima atau tidak. Pada tes pertama, baik anjing akrab atau anjing asing duduk di kandang penerima. Anjing bisa melihat satu sama lain selama percobaan. Dalam tes kedua, kandang penerima tetap kosong tetapi anjing lain hadir di ruang pengujian. Dalam tes ketiga, anjing-anjing sendirian di seluruh set-up. Pada akhir setiap seri tes, hewan donor bisa menghargai diri dengan diperbolehkan untuk menyentuh token yang menyampaikan hadiah makanan kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa anjing ternyata tetap termotivasi untuk memberi hadiah makanan dan tidak menjadi terganggu oleh anjing asing yang dilansir dari Sciencedaily, Jumat (27/01/2017).