Sains

Benarkah Anak Perempuan Lebih Baik dalam Tes Membaca?

JATIMTECH.com – Tahukah sobat dalam sebuah tes membaca di sekolah, anak perempuan cenderung lebih baik daripada anak laki-laki? Keadaan ini terjadi di semua kelompok usia dan di semua negara loh! Penasaran bukan kira-kira apa ya penyebabny? Setidaknya, itulah studi internasional yang dipelajari oleh PIRLS dan PISA. Perbedaan yang jelas nampak di Negara Norwegia dan di negara-negara Nordik lainnya. Kesenjangan yang jelas terlihat diantara anak usia 10 tahun yang diukur di PIRLS, dan pada kelompok usia 15 tahun yang diambil di bagian dalam penelitian di PISA.

Namun sebaliknya, sesuatu terjadi ketika kita mengukur kemampuan membaca orang dewasa. Ketika kemampuan membaca anak usia 16-24 tahun diuji, perbedaan gender telah tiba-tiba menghilang atau lenyap sama sekali. Ini telah ditunjukkan dalam studi termasuk studi di PIAAC, yang menguji keterampilan orang dewasa dalam membaca sudah tidak diragukan lagi baik laki-laki maupun perempuan. Lantas mengapa bisa terjadi demikian? Gadis sering dikatakan lebih baik dalam membaca dibandingkan anak laki-laki.

Tes membaca menunjukkan bahwa siswa perempuan dapat mengekstrak informasi lebih baik daripada laki-laki.Sementara bisa membaca dengan baik merupakan faktor penting yang memungkinkan partisipasi dalam pendidikan, pekerjaan, dan dimasyarakat. Meskipun lebih baik perempuan daripada laki-laki dalam membaca saat mereka masih kecil, namun perempuan tidak di depan pria berkaitan dengan tingkat kerja, partisipasi dalam masyarakat atau pendapatan saat mereka dewasa. Sebaliknya laki-laki Norwegia lebih cenderung untuk memegang posisi manajerial daripada wanita, terlebih mereka juga lebih terlibat dalam politik lokal yang dilansir dari Sciencedaily, Kamis (18/01/2017).