Sains

Baterai Lithium-air 10x Lebih Kuat & 5x Lebih Murah Dibanding Lithium-ion

JATIMTECH.com – Kendaraan bertenaga listrik dalam satu harinya hanya dapat melakukan perjalanan 80 hingga 100 mil dalam satu kali pengisian daya. Hal ini sudah sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge.

Seperti yang dilansir Mashable (04/11/2015) kini semua berubah berkat adanya baterai Lithium-air atau udara karena sebelumnya telah terbukti bahwa energi baterai Lithium mampu memaksimalkan jarak perjalanan dan juga meminimalkan dari segi biaya.

Peneliti dari Universitas of Cambridge menciptakan demontrasi laboratorium Lithium-oxygen yang memiliki kepadatan energi 10 kali lebih banyak dari baterai Lithium-ion yang biasa digunakan. Atau diperkirakan sama dengan energi kepadatan bensin.

Baterai Lithium-air juga lebih banyak memegang energi yang 90% lebih efisien dimana dapat diisi ulang lebih dari 2000 kali pengisian. Jika dibandingkan dengan sel Lithium-ion, baterai Lithium-oxygen 5 kali lebih murah dan 5 kali lebih ringan.

Dengan kemampuan tersebut, baterai diperkirakan dapat menempuh jarak yang lebih jauh yaitu 400 mil dalam satu kali pengisian atau lebih jauh dari jarak antara LA ke San Fransisco tanpa berhenti untuk mengisi ulang. Kemajuan tersebut nantinya akan berpengaruh pada bidang smartphone. Baterai ponsel nantinya akan 10 kali lebih tipis dan 10 kali lebih lama daya tahan baterainya meski memiliki ukuran ponsel yang sama.

Meskipun pengujian telah dilakukan, namun untuk proses produksi secara luas membutuhkan waktu sekitar satu dekade lagi. Sehingga kendaraan untuk beberapa tahun ke depan masih belum memiliki sistem bahan bakar menggunakan baterai Lithium-air dan untuk smartphone mungkin bisa diterapkan pada iPhone 18 mendatang.