Home » Sains » Baterai Dari Bungkus Kacang Ini Untuk Mencharge Gadget

Baterai Dari Bungkus Kacang Ini Untuk Mencharge Gadget

baterai-dari-bungkus-kacang
baterai dari bungkus kacang (gambar : pcmag)

Setiap gadget pasti butuh dicharge setiap harinya agar terus menyala. Maka, yang dibutuhkan adalah charger yang tersambung listrik. Sehingga baterai pada gadget dapat terisi penuh. Tahukah Anda, jika saat ini ada sebuah baterai dari bungkus kacang yang dapat digunakan untuk mencharge gadget? Berikut informasinya.

Para peneliti dari Universitas Purdue Indiana, Amerika Serikat sedang melakukan riset komponen baterai. Riset tersebut untuk mengujicoba komponen baterai dari bungkus kacang. Nantinya, komponen baterai dari bungkus kacang daur ulang ini akan diterapkan pada baterai gadget.

Para ilmuwan tersebut pertama kali memamerkan hasil penelitiannya pada pameran ACS (american chemical society). Seperti kita ketahui bahwa sampah bungkus kacang akan menyebabkan menurunnya kualitas tanah dan air, jika bercampur dengan logam berat dan klorida.

Sambil menyelam minum air, itulah prinsip yang diambil para ilmuwan Purdue. Dengan penelitiannya membuat komponen baterai dari bungkus kacang daur ulang, maka akan terdapat dua keuntungan. Yaitu, membantu proses penghijauan kota dengan mengumpulkan semua bungkus kacang di tempat sampah sekaligus menciptakan teknologi baru dengan pengisian baterai dari bungkus kacang.

Ditemukan bahwa bungkus kacang ternyata memiliki tingkat penyimpanan listrik 15% lebih tinggi daripada microsheets, yang selama ini digunakan sebagai komponen baterai. Diuji sebagai anoda dalam baterai lithium ion yang dapat diisi ulang. Bungkus kacang yang dimodifikasi dapat bekerja lebih baik daripada beberapa teknologi komersial, yang biasanya menggunakan bahan grafit.

Sumber : asia.pcmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Have your say!

0 0

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Lewat ke baris perkakas