Baterai Aluminium ini Penuh Dalam 1 Menit, Inikah Pengganti Baterai Lithium?

Para peneliti mengklaim telah menemukan sebuah baterai yang dapat mengisi penuh sebuah smartphone hanya dalam waktu 1 menit saja.

Baterai yang diciptakan ilmuwan tersebut adalah jenis baterai aluminium yang diharapkan bisa menggantikan baterai lithium yang saat ini marak digunakan.

Dikutip Jatimtech, (8/4/2015) dari Daily Mail, para peneliti dari Universitas Stanford, Amerika,mengatakan baterai temuannya lebih aman dari lithium-ion, tidak mudah terbakar, serta lebih ramah lingkungan daripada tipe baterai alkaline tipe AA dan AAA.

“Kami telah mengembangkan baterai aluminium rechargeable¬† yang dapat menggantikan baterai yang sudah sudah seperti alkaline, yang ramah lingkungan, dan lebih aman daripada baterai lithium-ion yang mudah terbakar,” jelas Hongjie Dai, profesor Kimia Universitas Stanford yang telah menerbitkan temuannya di jurnal Nature.

Para ilmuwan juga mengatakan prototipe yang telah mereka lebih tahan lama hingga 7500 siklus tanpa kehilangan kapasitasnya, melebihi baterai lithium-ion yang hanya memiliki 1000 siklus isi ulang.

“Ini pertama kalinya baterai aluminium-ion super cepat dibuat dengan tingkat stabilitas lebih dari ribuan siklus,” imbuh para peneliti.

Bagi industri smartphone baterai telah menjadi bagian vital penyuplai energi. Menarik nantinya bila baterai aluminium ini dapat benar-benar dikomersilkan untuk publik.

DON'T MISS

Tulis Komentar