Home » Tech News » Bakteri Hidup 60% Lebih Baik di Ruang Angkasa

Bakteri Hidup 60% Lebih Baik di Ruang Angkasa

Bakteri Hidup 60% Lebih Baik di Ruang Angkasa (Gambar: Techtimes.com)
Bakteri Hidup 60% Lebih Baik di Ruang Angkasa (Gambar: Techtimes.com)

JATIMTECH.com – Sebuah fakta terbaru datang dari ruang angkasa, yang mana beberapa hari lalu NASA mempublikasikan hasil peneitiannya mengenai keberlangsungan hidup Bacterial Strain di International Space Station (ISS). Kabarnya Bacterial Strain 60 persen dapat hidup lebih baik di International Space Station (ISS) apabila dibandingkan di Bumi. Bakteri yang diuji cobakan ini merupakan bakteri berjenis Bacillus safensis JPL-Merta-8-2, dilansir dari Techtimes, Kamis (24/03/2016).

Sebenarnya kalau kita menelisik ke belakang, beberapa tahun lalu terdapat sebuah proyek MERCCURI, yang mana mempunyai isi membawa bakteri ke ruang angkasa, khusus di International Space Station (ISS).

“Bakteri ini sebenarnya mempunyai ukuran yang sangat kecil, sehingga gravitasi bukan merupakan faktor penentu utama pada metabolisme sehari-hari mereka dan fisiologi, jadi kemungkinannya sangat kecil” kata seorang ilmuwan David Coil dalam wawancara dengan Motherboard.

“Mengenai pengaruh gravitasi ini sebenarnya hanyalah asumsi dan opini belaka, yang mana salah satu peneliti juga menduga kalau sesuatu yang terjadi di International Space Station (ISS) jelas sangat mempengaruhi pertumbuhan sebuah komunitas, termasuk bakteri.” tambah Coil.

Kabarnya Coil dan timnya, ingin mengetahui perilaku Bacillus safensis dan mikroba lainnya di luar Bumi. Hal ini sangat penting karena, karena pada tahun 2024 nanti, manusia akan membangun pemukiman di planet merah (Mars), dan untuk mempersiapkan itu semua tentunya kami harus meneliti setiap aspek yang nantinya mempengaruhi kehidupan manusia di sana.

 

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>